Share

4 Rempah Alami di Rumah untuk Bantu Redakan Nyeri Haid

Kevi Laras, MNC Portal · Minggu 15 Januari 2023 22:30 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 15 298 2746715 4-rempah-alami-di-rumah-untuk-bantu-redakan-nyeri-haid-HFrrME274U.JPG rempah kunyit untuk redakan nyeri haid, (Foto: Freepik)

NYERI haid jadi langganan atau makanan dari kaum Hawa yang sedang menstruasi. Rasa sakit yang menyerang, membuat kesakitan dan tak nyaman bahkan membuat tak sanggup beraktivitas secara normal sebagaimana mestinya.

Jika Anda termasuk kategori wanita yang kerap mengalami nyeri haid saat menstruasi, tak ada salahnya untuk memanfaatkan rempah-rempah alami yang ada di rumah berikut ini untuk membantu meredakan nyeri haid yang menyerang. Berikut ulasan singkatnya, sebagaimana menukil Healthline dan Web MD, Minggu (15/1/2023).

1. Kayu manis: Dikenal sebagai rempah-rempah aromatik yang berasal dari kulit bagian dalam pohon dari genus Cinnamomum. Berdasarkan penelitian dari tahun 2014, didapati bahwa kayu manis bisa membantu mengatur siklus menstruasi (nyeri haid) dan bahkan bisa menjadi pilihan pengobatan efektif untuk wanita dengan PCOS (meski untuk bagian ini, penelitian tersebut hanya melibatkan sedikit peserta).

 

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

2. Jahe: Manfaat rempah yang sering jadi bumbu masak untuk mengatasi nyeri haid ini, diungkap dalam suatu penelitian di tahun 2009, 150 wanita peserta studi diinstruksikan untuk mengonsumsi jahe atau obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) selama 3 hari pertama periode menstruasi mereka.

Hasilnya, ketiga kelompok yang mengonsumsi empat dosis harian bubuk jahe (250 mg), asam mefenamat (250 mg), atau ibuprofen (400 mg) berhasil berkurang rasa sakitnya, seefektif kelompok kedua yang menggunakan obat antiinflamasi NSAID.

3. Minum teh Chamomile: Minum the ini disebut bisa membantu buat tubuh dan perut nyaman. Menurut suatu tinjauan studi tahun 2012, diungkapkan kalau teh chamomile meningkatkan kadar glisin, yang membantu meringankan kejang otot.

Selain dijadikan ekstrak minyak esensial, chamomile juga bisa diolah menjadi produk teh herbal yang dikonsumsi oleh banyak orang. Maka teh satu ini, tak ada salahnya dicoba minum dua cangkir per hari selama seminggu sebelum jadwal menstruasi.

4. Kunyit: Bahan dapur satu ini ternyata bisa meredakan nyeri haid. Dari satu studi baru-baru ini, yang meninjau wanita selama tiga siklus menstruasi berturut-turut, ditemukan bahwa suplemen kurkumin bisa membantu meringankan gejala PMS termasuk nyeri karena haid.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini