Share

Pecel Kuah Rawon, Kuliner Unik Khas Jawa Timur yang Menggugah Selera

Kiki Oktaliani, MNC Portal · Senin 16 Januari 2023 13:20 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 16 298 2746996 pecel-kuah-rawon-kuliner-unik-khas-jawa-timur-yang-menggugah-selera-BGwZhJ6tGa.jpg Pecel Kuah Rawon (Foto: YouTube/Dyodoran)

INOVASI dan kreativitas para pelaku usaha di bidang kuliner memang selalu menarik, serta mengundang rasa penasaran untuk dicoba. Ditambah derasnya perputaran informasi melalui internet, membuat makanan-makanan yang sebelumnya telah ada seketika menjadi hype lagi.

Salah satu kuliner unik tersebut berupa perpaduan kuliner khas dari pulau Jawa Timur, yaitu pecel dan rawon. Hm, mendengar namanya saja Anda pasti langsung mengernyitkan dahi, sangat unik dan menarik bukan? Di Jawa timur hidangan pecel dengan kuah rawon, bukanlah hal yang baru lagi.

Meskipun tak banyak dijumpai, pecel dengan kuah rawon merupakan kudapan favorit sebagian besar orang, dan cukup populer di beberapa daerah di Jawa Timur, seperti Banyuwangi, Malang, dan Surabaya.

Pecel Kuah Rawon

Pecel rawon telah ada di Banyuwangi sejak tahun 1988, bermula dari seorang pedagang yang menjajakan dagangannya menggunakan gerobak, dan berjualan di daerah singomatan.

Cita rasa dari pecel rawon ini juga cukup unik, gurihnya bumbu kacang dari pecel dicampur dengan kuah rawon yang segar menggugah selera makan. Pecel rawon tak jauh berbeda dengan pecel pada umumnya, yang terdiri dari sayur mayur seperti bayam, kacang panjang, dan tauge yang disiram menggunakan saus kacang, nasi, peyek, serta kuah rawon yang segar, dan terkadang dengan tambahan daging sapi yang lembut.

Kudapan ini juga akan lebih sempurna jika dilengkapi dengan beberapa pilihan lauk pauk seperti tempe atau tahu goreng, empal, paru goreng, dan telur asin.

Disajikan Secara Berurutan

Untuk mendapatkan cita rasa yang khas diinginkan, biasanya para penjual pecel rawon akan menyajikannya secara berurutan.

Mula-mula, nasi akan ditata bersama sayuran rebus di piring, selanjutnya diberi kuah rawon, dan yang terakhir diberi bumbu pecel di atas sayuran.

Warung Makan Pecel Rawon Legendaris

Warung makan terpopuler yang menjual pecel rawon di Banyuwangi adalah, Rumah Makan Pecel Ayu yang terletak di jalan Laksda Adisucipto 60, Banyuwangi, Jawa Timur. Rumah makan ini sudah bermarkas di jalan tersebut sejak tahun 1997. Namun sang pemilik telah berjualan menggunakan gerobak di pinggiran jalan sejak tahun 1988.

Untuk satu porsi pecel rawon, dihargai sebesar Rp23.000

Selain warung tersebut, beberapa rekomendasi tempat makan untuk menikmati pecel rawon terenak di Banyuwangi yang dapat Anda kunjungi seperti Warung Pecel Bu Yani, dan Depot Pecel Ayu.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini