Share

Tren Thrifting 'Baju Bekas', Sandiaga Uno: Bantu Selesaikan Masalah Lingkungan

Muhammad Sukardi, Okezone · Selasa 17 Januari 2023 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 17 194 2748122 tren-thrifting-baju-bekas-sandiaga-uno-bantu-selesaikan-masalah-lingkungan-r6tp8yZTno.JPG Tren thrifting baju bekas, (Foto: Freepik)

FENOMENA thrifting tengah menjamur di kalangan muda masyarakat Indonesia. Semakin banyak anak-anak muda yang senang berburu ‘harta karun’ membeli beli produk fashion 'second' dibanding membeli busana baru di gerai brand retail fast fashion.

Upaya ini sejalan dengan konsep sustainable fashion, yang sedikit banyak bisa mengurangi jumlah sampah fesyen yang kini menduduki peringkat pertama di deretan jenis sampah terbanyak di bumi.

Maraknya tren berburu baju bekas ini, disambut positif oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno. Lewat akun Twitter miliknya, ia mengaku senang melihat banyak anak muda yang semakin peduli konsep fesyen berkelanjutan.

"Saya melihat, akhir-akhir ini fenomena thrifting banyak digemari anak-anak muda. Saya senang," tulis Sandi, di akun @sandiuno Selasa (17/1/2023).

Sebagai generasi senior, Sandi menilai tren thrifting ini bagian dari sustainable living yang merupakan suatu upaya untuk melawan laju industri dan tren fast fashion yang sangat menyumbang banyak limbah.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

"Yang pada akhirnya bisa menyelesaikan masalah lingkungan," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sandi mengungkap ada catatan penting soal tren thrifting ini. Ia mengimbau, usahakan yang diutamakan tetap lah produk keluaran dari jenama lokal, bukan produk impor. Ia menegaskan, ini juga jadi salah satu cara mengembangkan kekuatan talenta-talenta ekonomi sebagai langkah konkret memajukan UMKM lokal.

"Boleh jual barang bekas, tapi jangan impor. Dengan begitu dapat membuka lapangan kerja untuk anak bangsa,” sambung Sandi lagi.

Tak heran, ia mengapresiasi positif keputusan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang melarang impor baju bekas.

"Saya berterima kasih kepada Bapak Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, karena telah melarang impor barang bekas dari luar negeri," tutupnya singkat.

 BACA JUGA:Otw ke Paris Fashion Week, NCT Ten Tampil Keren Pakai High Heels

BACA JUGA:6 Gaya Kece Tamara Dai dengan Outfit Modis dan Trendi

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini