Share

11 Manfaat Baik Rajin Konsumsi Kembang Kol, Bisa Bikin Awet Muda Loh

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Selasa 17 Januari 2023 14:39 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 17 298 2747925 11-manfaat-baik-rajin-konsumsi-kembang-kol-bisa-bikin-awet-muda-loh-esBl42Ifwt.jpg Ilustrasi Kembang Kol. (Foto: Freepik)

SALAH satu bahan makanan yang sering kita temukan kala mengonsumsi cap cai adalah kembang kol. Kembang kol adalah sayuran yang kaya akan serat dan vitamin B. Panganan satu ini juga disebut dapat mencegah tumbuhnya sel kanker karena mengandung antioksidan dan fitonutrien.

Khasiat tersebut, tidak lepas dari kandungan nutrisi di dalam kembang kol. Nah, berikut manfaat mengonsumsi kembang kol seperti dilansir dari KlikDokter.

Menurunkan Risiko Kanker

Kembang kol kaya antioksidan yang diduga bisa menurunkan risiko terkena kanker. Penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal dan tidak terkendali ini salah satunya dipicu oleh kadar radikal bebas berlebih di dalam tubuh. Nah, untuk mengurangi risiko terjangkit kanker, kamu bisa mengonsumsi makanan kaya antioksidan, seperti bunga kol.

Kembang kol mengandung banyak antioksidan glukosinolat dan isothiocyanate. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kedua antioksidan tersebut dipercaya bisa mencegah perkembangan sel kanker usus besar, paru-paru, payudara, maupun prostat.

Bantu Kurangi Tanda-Tanda Penuaan

Khasiat kembang kol berikutnya, yaitu diyakini bisa bantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Manfaat ini masih berasal dari kandungan glukosinolat dan isothiocyanate dalam kembang kol. Kedua antioksidan tersebut dapat melindungi sel-sel tubuh dari peradangan dan radikal bebas. Salah satu manfaat yang bisa dirasakan adalah tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan bisa berkurang sehingga kulitmu tampak lebih awet muda.

Membuang Racun dari Tubuh

Glukosinolat dan isothiocyanate dalam kembang kol dipercaya bisa membantu proses detoksifikasi alias pembuangan racun dari tubuh secara alami.

Kembang Kol

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat kembang kol diduga bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Khasiat ini berasal dari kandungan antioksidan karotenoid dan flavonoid di dalam bunga kol.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kembang kol memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Antioksidan vitamin C dalam sayuran ini diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Alhasil, kamu tidak mudah terkena penyakit infeksi.

Menyehatkan Pencernaan

Terdapat tiga gram serat dalam satu cangkir kembang kol. Jumlah ini setara dengan 10 persen kebutuhan harian kamu. Serat diperlukan sebagai asupan untuk bakteri baik dalam usus. Kandungan kembang kol ini pada gilirannya bermanfaat mencegah peradangan.

Pasokan serat yang cukup dapat pula meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh, lho. Selain itu, mengonsumsi cukup serat membantu mengurangi risiko terkena sembelit dan radang usus.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Bantu Penuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Kembang kol mengandung banyak vitamin. Dalam 128 gram kembang kol mentah terdapat nyaris semua vitamin dan mineral yang kamu butuhkan. Beberapa vitamin dan mineral yang dimaksud, misalnya serat, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, folat, asam pantotenat, kalium, mangan, magnesium, dan fosfor.

Bantu Turunkan Berat Badan

Kembang kol hanya mengandung 25 kalori per cangkir. Sementara, 92 persen berat kembang kol berasal dari air. Selain itu, kembang kol adalah sumber serat baik yang dapat melancarkan sistem pencernaan dan menimbulkan rasa kenyang lebih lama. Karena itu, kembang kol dapat kamu gunakan untuk menggantikan biji-bijian dan kacang-kacangan dalam program penurunan berat badan sehingga bisa mengurangi risiko terkena obesitas.

Jaga Kesehatan Saraf dan Otak

Berikutnya, manfaat bunga kol untuk kesehatan, yaitu membantu menjaga kesehatan saraf dan otak, keutuhan membran sel, pembentukan DNA, serta metabolisme tubuh. Khasiat tersebut berasal dari senyawa kolin dalam kembang kol. Satu cangkir kembang kol mengandung 45 miligram kolin.

Meredakan Peradangan

Senyawa glukosinolat dalam kembang kol dapat membantu meredakan peradangan di dalam tubuh. Mengonsumsi kembang kol diduga bermanfaat bantu meredakan kondisi radang yang kamu alami.

Mendukung Kesehatan Tulang

Manfaat kembang kol bagi kesehatan tulang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi sayuran ini secara rutin. Kembang kol kaya vitamin K yang dapat bantu menurunkan risiko mengalami osteoporosis (pengeroposan tulang) dan patah tulang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini