Share

Bolehkan Minum Jus Tomat saat Perut Kosong?

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Selasa 17 Januari 2023 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 17 298 2747959 bolehkan-minum-jus-tomat-saat-perut-kosong-Ku9BJjZ9SL.jpg Ilustrasi Tomat. (Foto: Shutterstock)

TOMAT memang mengandung berbagai antioksidan, vitamin, mineral, serta senyawa antiradang yang diyakini bermanfaat untuk mengurangi risiko stroke, diabetes, maupun kanker. Buah ini pun bisa digunakan sebagai pelengkap masakan ataupun diolah menjadi jus.

Nah, untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari tomat, buah ini dianjurkan untuk dikonsumsi setidaknya tiga kali dalam seminggu. Tapi, ketika tomat dimasak, maka kandungan nutrisi yang ada pun akan berkurang.

Mungkin kamu terbesit untuk makan tomat di pagi hari sebelum sarapan. Sebenarnya boleh enggak sih makan tomat saat perut kosong? Nah, berikut ulansannya seperti dilansir dari KlikDokter.

Tomat

Makan tomat sebenarnya dapat dilakukan kapan saja. Saat perut kosong pun tomat boleh dikonsumsi. Bahkan, tomat adalah salah satu alternatif menu sarapan yang baik karena mengenyangkan, kaya nutrisi, dan rendah kalori.

Tomat memiliki kandungan serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Konsumsi makanan tinggi serat seperti tomat bisa bikin kamu merasakan kenyang lebih lama.

Nutrisi dalam tomat juga dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian. Selain itu, tomat mengandung air yang cukup banyak sehingga dapat memenuhi kebutuhan cairan dan membantu mencegah dehidrasi.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Sayangnya, tidak semua orang boleh makan tomat mentah ataupun minum jus tomat saat perut kosong. Penderita asam lambung dan gangguan lambung lainnya sebaiknya mengonsumsi tomat setelah perut terisi makanan.

Pasalnya, sifat asam tomat dapat menimbulkan rasa tidak nyaman di ulu hati penderita gangguan lambung Meski begitu, efek peningkatan asam lambung setelah konsumsi tomat biasanya tidak terlalu tinggi dibandingkan jenis makanan bersifat asam lainnya. Karena itu, jika kamu menderita masalah lambung, sangat disarankan untuk mengombinasikan tomat dengan makanan lain agar tidak memicu peningkatan asam lambung.

Makan tomat sebelum sarapan boleh-boleh saja, asalkan kamu tidak memiliki riwayat gangguan lambung dan pencernaan. Untuk menghindari bahaya makan tomat saat perut kosong, pengidap asam lambung ataupun mag sebaiknya mengonsumsi makanan lain terlebih dahulu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini