Share

Ini Perbedaan Kehilangan Lemak dan Kehilangan Berat Badan

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Rabu 18 Januari 2023 07:21 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 17 612 2747972 ini-perbedaan-kehilangan-lemak-dan-kehilangan-berat-badan-NyAc2omiWA.jpg Ilustrasi Lemak dan Berat Badan (Foto: Menshealth)

INI perbedaan kehilangan lemak dan kehilangan berat badan yang tak banyak orang tahu.

Masyarakat umumnya menganggap bahwa diet akan menghilangkan berat badan sekaligus lemak, namun keduanya jauh berbeda.

Lemak

Tak sedikit dari mereka mengatur diet sedemikian dengan ragam jenis diet yang ada. Bahkan ada yang melakukan diet ketat untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan.

Hanya saja usaha tersebut akan sia-sia sebab yang dihilangkan hanya terfokus pada penurunan berat badan bukan pada hilangnya lemak. Sebab, jika berat ideal yang diinginkan telah tercapai bisa jadi itu tak bertahan lama.

Follow Berita Okezone di Google News

Simak penjelasan ini perbedaan dari kehilangan lemak dan kehilangan berat badan yang tak disadari banyak orang. Dilansir dari healthline,ehilangan berat badan mengacu pada penurunan berat badan secara keseluruhan dari kehilangan otot, air, dan lemak.

Banyak program penurunan berat badan mengklaim dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat dan mudah.

Namun, penting untuk disadari bahwa jumlah yang signifikan dari berat ini mungkin termasuk kehilangan air dan otot. Kehilangan otot bisa merugikan, sebab otot adalah komponen penting dari kesehatan secara keseluruhan.

Mempertahankan persentase otot yang sehat memiliki beberapa manfaat, seperti mengatur kadar gula darah yang sehat, menjaga kadar lemak yang sehat baik itu trigliserida dan kolesterol dalam darah, serta mengendalikan peradangan.

Selain itu, mempertahankan massa otot juga dapat mengurangi risiko kehilangan otot yang berkaitan dengan usia, yang mengakibatkan kelemahan dan potensi kecacatan. Semakin banyak otot yang dimiliki, semakin banyak kalori yang dibakar saat istirahat.

Sementara itu, kehilangan lemak mengacu pada penurunan berat badan dari lemak, dan ini tujuan yang lebih spesifik dan sehat daripada penurunan berat badan. Penurunan lemak sendiri tak bisa dimonitor hanya dengan timbang beat badan biasa.

Penurunan jumlah lemak tubuh itu baru terjadi apabila lemak-lemak tersebut berhasil dipecah menjadi energi.

Apabila ingin mengetahui seberapa besar jumlah penurunan kadar lemak, maka bisa menggunakan alat khusus yaitu body fat monitor untuk mengukur komposisi tubuh lebih ideal.

Body fat monitor dirancang secara multifungsi, sehingga mampu memantau berat badan sekaligus memperkirakan persentase lemak tubuh. Selain itu, juga bisa menggunakan kaliper lipatan kulit untuk memperkirakan lemak tubuh. Hanya saja, cara ini perlu latihan untuk memastikan tingkat akurasinya.

Itulah perbedaan dari kehilangan lemak dan kehilangan berat badan yang tak disadari para pelaku diet.

(RIN)

1
3
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini