Share

Cerita Dokter Tina Wardhani Mengedukasi Masyarakat Tentang Kesehatan Lewat Buku

Tim Okezone, Okezone · Selasa 17 Januari 2023 20:14 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 17 612 2748191 cerita-dokter-tina-wardhani-mengedukasi-masyarakat-tentang-kesehatan-lewat-buku-1qEIPWjwpY.jpg dr Tina Wardhani Wisesa (Foto: Instagram/@tina_wardhani)

SPESIALIS Kulit dan Kelamin dr. Tina Wardhani Wisesa, SpKK (K), FINSDV, FAADV, cukup dikenal di masyarakat. Selain praktik sebagai dokter kulit, dr Tina juga tekun menulis buku.

Selama 26 tahun ia mengedukasi masyarakat dengan menulis. Sudah ada dua buah buku berjudul ‘Ibu Hamil & Menyusui Berhak Tampil Cantik’ dan ‘Kulit Terawat Anak Sehat’ yang ditulisnya.

Terbaru, dokter yang praktik di Klinik Utama Sakti Medika Tebet ini meluncurkan kedua buku itu dalam sesi Book Launch & Talkshow Serial “Solusi Sehat dan Cantik”. Menulis buku rupanya jadi salah satu impiannya sejak lama.

dr Tina

“Ini merupakan impian saya sejak lama, agar dapat membagikan ilmu. Bukan saja yang bersifat medis, tetapi juga banyak faktor yang berperan di sekeliling kita yang dapat berpengaruh terhadap timbulnya masalah pada kulit dan kelamin," katanya dalam keterangan tertulis.

dr Tina juga menulis tentang tata laksana sehari-hari dan edukasi yang tepat kepada masyarakat, agar dapat mencegah terjadinya masalah atau gangguan pada kulit. Proses penulisan buku ini dimulai pada tahun 2020.

Saat pandemi, dr. Tina memiliki lebih banyak waktu untuk menulis sehingga mulai mengumpulkan tinjauan pustaka, journal, textbook dan juga tulisan beliau sebelumnya.

Isi bukunya pun punya makna berarti buatnya. Ia mengaku terinspirasi dari kedua orangtuanya sampai bisa menyelesaikan buku tersebut.

“Saya mendapatkan inspirasi dari kedua orangtua saya,. Alm. Papa saya yang seorang dosen di Fakultas Sastra Indonesia dan seorang penulis, beliau juga membuat buku ajar yang digunakan di lingkungan mahasiswa di pusat pendidikan," terangnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Sedangkan mendiang ibunya adalah seorang guru. Sang ibu juga menjadi inspirasi bahwa dengan mengajar dan menulis ilmu.

dr Tina

"Dosen saya selama pendidikan kedokteran juga menginspirasi bagaimana menulis dengan cara dan ejaan yang benar. Mereka merupakan tauladan bagi saya dalam penulisan buku serial ini.” lanjut dr Tina.

dr Tina membuat buku ini berdasarkan kelompok usia. Sehingga tiap buku dapat menjelaskan secara terperinci mengenai kondisi kulit dalam keadaan normal atau fisiologis, maupun bagaimana kondisi penyakit atau patologis sesuai kelompok usia.

Ada juga kiat-kiat melakukan penanganan sehari-hari, sehingga dapat mencegah sebelum timbulnya gangguan. Di bagian akhir buku, dilengkapi dengan lampiran kamus istilah untuk memudahkan para pembaca memahami istilah-istilah kedokteran yang digunakan.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini