Share

6 Makanan Unik Khas Lampung yang Patut Dicoba

Kiki Oktaliani, MNC Portal · Rabu 18 Januari 2023 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 18 298 2748796 6-makanan-unik-khas-lampung-yang-patut-dicoba-jEBmPHBfRQ.jpg Makanan khas Lampung (Foto: YouTube/Cooking With Michan)

JIKA Anda melancong ke Lampung, jangan lewatkan beberapa makanan unik langsung di tempat asalnya. Lampung memang tak hanya dikenal memiliki pantai indah, tetapi juga banyak sekali kudapan enak dan unik yang sayang untuk dilewatkan.

Selain terkenal dengan oleh-oleh keripik pisang dan nangkanya, berikut adalah 6 makanan unik khas Lampung yang harus Anda coba.

1. Seruit

Seruit

(Foto: Cookpad)

Makanan khas dari Lampung Barat ini terbuat dari ikan bakar yang dicampur dengan sambal terasi, tempoyak, dan ada pula yang menambahkan mangga.

Ikan yang dipakai untuk membuat seruit beragam, mulai dari ikan belida, ikan lais, ikan baung, atau jenis ikan dari sungai besar lainnya. Seruit nikmat disantap dengan tambahan lalapan ditemani dengan nasi putih hangat.

Menariknya lagi, seruit tak hanya dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari, tetapi juga kerap dihidangkan saat perayaan hari besar, atau hajatan keluarga.

2. Geguduh

Geguduh

(Foto: Cookpad)

Geguduh memiliki cita rasa manis, yang terbuat dari pisang yang telah dihaluskan. Pisang tersebut, kemudian dicampur dengan tepung terigu kemudian digoreng. Geguduh biasanya dihidangkan ketika ada tamu, atau dinikmati sebagai cemilan bersama anggota keluarga lain.

3. Umbu

Umbu

(Foto: Budayaindonesia.org)

Umbu merupakan, kudapan berbahan dasar dari rotan muda, dengan cita rasa yang sedikit pahit. Dalam proses pengolahannya, rotan akan direbus terlebih dahulu hingga lunak. Umbu kemudian diolah menjadi berbagai macam masakan dengan cara ditumis atau dijadikan lalapan.

Masyarakat Lampung sering menjadikan umbu, sebagai makanan sehari-hari yang biasanya dicampur dengan bahan lain, sesuai dengan selera yang memasaknya. Umbu juga kerap dijumpai di acara-acara penting lainnya.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

4. Gabing

Gabing

(Foto: Resep Masakan Nusantara)

Selain umbu, ada gabing yang tak kalah uniknya. Gabing menggunakan batang kelapa yang masih muda, sebagai bahan utamanya.

Cara memasaknya juga cukup mudah. Anda hanya perlu mengiris batang kelapa muda, hingga berbentuk lempengan kecil yang memanjang.

Setelah itu, gabing batang kelapa muda direbus kemudian ditambahkan dengan bumbu rempah yang menambah cita rasa gabing lebih nikmat.

Anda juga bisa menambahkan beberapa jenis sayuran lain ke dalam gabing seperti jamur dan daging segar. Gabing sendiri adalah jenis makanan berkuah, sehingga cocok disantap di saat musim penghujan.

5. Pisro

Pisro

(Foto: YouTube/Rudy dan Sahabat TV)

Kudapan unik masyarakat Lampung selanjutnya, adalah Pisro. Proses pembuatan pisro, menggunakan ikan betok dan ikan tembakang sebagai bahan utamanya. Kedua ikan tersebut, dipilih lantaran memiliki cita rasa yang gurih, dengan dagingnya yang tebal dan padat.

6. Kue Sekubal

Kue Sekubal

(Foto: Cooking With Michan)

Memiliki tampilan yang serupa dengan buras, kue sekubal paling banyak dijumpai saat bulan Ramadhan dan perayaan adat masyarakat Lampung. Kue segumpal, khas Lampung ini terbuat dari santan dan beras ketan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini