Share

Jangan Dipandang Sebelah Mata! Ini 4 Manfaat Mengesankan Tomat

Kiki Oktaliani, MNC Portal · Kamis 19 Januari 2023 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 18 298 2748983 jangan-dipandang-sebelah-mata-ini-4-manfaat-mengesankan-tomat-ecb7c7iEDg.JPG manfaat mengesankan buah tomat, (Foto: Freepik)

TOMAT jadi salah satu buah yang paling mudah ditemui dalan konsumsi sehari-hari. Baik sebagai sayuran dalam berbagai hidangan makanan, atau diolah menjadi minuman jus yang menyehatkan. 

Secara kandungan, tomat sarat dengan zat yang disebut lycopene. Zat yang membuat buah dengan nama latin Solanum lycopersicum, ini berwarna merah cerah. Eits, jangan salah! Bukan hanya membuat visualnya menarik karena warna merahnya yang cerah, zat ini juga  membantu melindungi buah tomat dari sinar ultraviolet. Dengan cara kerja yang hampir sama, zat lycopene dapat melindungi sel dalam tubuh dari kerusakan.

Belum lagi, tomat juga mengandung berbagai vitamin dan nutrisi lainnya seperti potasium, vitamin B dan E. Tak heran, tomat menyediakan berbagai manfaat kesehatan yang mengesankan. Apa saja? Menghimpun Healthline, Web MD dan laman resmi Dinas Kesehatan Jogja, Kamis (19/1/2023) yuk intip paparan singkatnya berikut ini. 

1.Menjaga sistem kekebalan tubuh: Lycopene merupakan antioksidan, yang berfungsi melawan molekul  radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Makan makanan tinggi lycopene seperti tomat, bisa mengurangi peluang seseorang  terkena berbagai penyakit, mulai dari kanker paru-paru, perut, atau prostat.

Beberapa penelitian juga menunjukkan tomat mungkin bisa  membantu mencegah penyakit di pankreas, usus besar, tenggorokan, mulut, payudara, dan juga leher rahim.

2. Baik untuk jantung:  Banyak bukti dari uji klinis menunjukkan bahwa kandungan likopen pada tomat bisa membantu menurunkan kolesterol jahat. Beberapa olahan produk tomat menunjukkan manfaat untuk melawan peradangan dan penanda stres oksidatif, yaitu kondisi ketika jumlah radikal bebas yang melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya.

Tomat juga menunjukkan efek perlindungan pada lapisan dalam pembuluh darah, serta dapat menurunkan risiko pembekuan darah. Tak heran, tomat disebut baik untuk kesehatan jantung. 

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

3. Bantu mencegah kanker: Kanker merupakan terjadinya pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali yang menyebar di luar batas normal. Nah, pada suatu penelitian pada beberapa orang wanita, menunjukkan bahwa karotenoid konsentrasi tinggi yang ditemukan dalam jumlah tinggi pada tomat terlihat bisa melindungi dari kanker payudara.

(Foto: Shutterstock)

 4. Menyehatkan kulit: Tomat kaya akan likopen dan senyawa tanaman lainnya, yang disebutkan lebih lanjut,  secara tak langsung bisa melindungi kulit dari sengatan matahari, sehingga  bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. 

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini