Share

Warna Pakaian yang Dilarang Saat Perayaan Imlek, Awas Bisa Kurangi Hoki

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Kamis 19 Januari 2023 19:49 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 19 194 2749372 warna-pakaian-yang-dilarang-saat-perayaan-imlek-awas-bisa-kurangi-hoki-wotGiNBrhX.jpg Ilustrasi Warna Pakaian yang Dilarang (Foto: Aliexpress)

WARNA pakaian yang dilarang saat perayaan Imlek memang menarik untuk dibahas. Berbeda dengan peraan lain, pakaian Tahun Baru Imlek memiliki makna sejarah, adat, dan simbolik.

Imlek

Salah satu tradisi tertua dalam perayaan Festival Musim Semi Cina adalah membeli baju baru untuk tahun baru Imlek. Ini secara simbolis sejalan dengan banyak aspek festival lainnya, yang menekankan gagasan perubahan, awal yang baru, dan menghilangkan yang lama.

Tidak ada kriteria khusus untuk jenis atau gaya pakaian baru apa yang harus dibeli. Namun, pada zaman dulu banyak orang akan menyimpan pakaian tradisional Tionghoa yang dikenakan secara khusus sebagai gaun perayaan Imlek.

Salah satu praktik umum berkaitan dengan pakaian yang masih bisa disaksikan hingga kini adalah penggunaan warna merah. Seperti yang diketahui, merah adalah warna keberuntungan Cina yang mewakili kekuatan dan kemakmuran.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Dilansir Chinahighlight selain merah, warna emas juga menjadi warna yang bisa dipilih untuk pakaian. Sebab, emas disimbolkan sebagai warna yang mewah dan konon melambangkan kekayaan.

Kendati begitu, ada warna pakaian yang ternyata dilarang digunakan saat perayaan imlek.

Salah satunya mengenakan pakaian berwarna hitam saat tahun baru Imlek. Sebab, biasanya dipakai saat pemakaman. Warnanya telah dikaitkan dengan kematian itu dianggap tidak beruntung.

Tak hanya hitam warna putih juga disimbolkan sebagai warna berkabung secara tradisi Cina. Sehingga ditekankan untuk menggunakan warna-warna cerah, terutama merah.

Oleh sebab itu, tak pernah tampak seorang yang merayakan Imlek dengan mengenakan baju monokrom atau hitam putih.

Itulah warna pakaian yang dilarang saat perayaan Imlek yang tak banyak orang tahu.

(RIN)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini