Share

8 Tata Krama Memberi dan Terima Angpao Saat Imlek

Muhammad Sukardi, Okezone · Kamis 19 Januari 2023 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 19 612 2749207 8-tata-krama-memberi-dan-terima-angpao-saat-imlek-QtVFDm29Nu.JPG aturan dalam memberi dan menerima angpao, (Foto: Freepik)

SESI pemberian dan menerima angpao, amplop merah berisi uang tak dipungkiri memang jadi salah satu momentum paling meriah dan ditunggu-tunggu dalam perayaan Imlek.

Tapi memberi dan menerima angpao ini dilakukan tak sembarangan loh! Sebab ada tata krama aturannya tersendiri. Memang sifatnya tidak mengikat, namun akan lebih baik jika dilakukan sebagai bentuk menghormati budaya yang sudah turun temurun.

Salah satu aturannya adalah saat menerima angpao, seseorang diminta untuk tidak mengambilnya hanya dengan satu tangan melainkan kedua tangan. Ini dikaitkan dengan nilai sopan santun saat menerima sesuatu dari orang lain.

Lebih jelasnya, yuk simak paparan aturan dalam menerima dan memberikan angpao amplop merah saat Imlek, menukil China Highlight, Kamis (19/1/2023).

1. Selalu terima angpao dengan kedua tangan, karena tidak sopan menerima angpao hanya dengan satu tangan.

2. Saat menerima angpao merah, harus mengucapkan terima kasih dan menyapa pemberi angpao dengan kalimat yang menyenangkan dan penuh harapan. Kalimat yang bisa diucapkan misalnya, Gong Xi Fa Cai yang artinya kebahagiaan dan kemakmuran.

3. Jangan pernah buka angpao di depan orang yang memberikan ya! Disarankan buka angpao di tempat yang pribadi, seperti di kamar.

BACA JUGA:Berapa Sih Nominal Isi Amplop Angpao di Perayaan Imlek?

BACA JUGA:Asal Usul Angpao Merah Khas Imlek, Awalnya untuk Usir Iblis Loh!

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

4. Uang baru: Saat memberi angpao, usahakan lembar uang yang dimasukkan itu tidak kotor atau rusak. Pada umumnya, uang di dalam angpao merah itu adalah lembaran uang yang baru.

5. Hindari uang koin: Sebisa mungkin hindari memasukkan uang berbentuk koin ke dalam angpao.

6. Perhatikan nominal angka: Hindari memberikan uang dalam jumlah berangka 4, misal Rp400000 atau Rp4 juta, dan seterusnya. Angka 4 dalam bahasa China terdengar seperti kematian dan ini dianggap sebagai suatu yang membawa kesialan.

7. Stok: Usahakan siapkan angpao merah dalam jumlah banyak, karena tradisi ngasih angpao merah ini bukan hanya di hari Tahun Baru Imlek-nya saja. Melainkan juga akan berlangsung 16 hari setelahnya. Jadi, kalau bertemu dengan teman atau anak dari kerabat, kita tidak kehabisan amplop angpao.

8. Pembedaan nominak: Usahakan membedakan angpao sesuai dengan nominal isinya. Ini supaya memudahkan saat akan memberikan angpao ke orang lain yang nominalnya disesuaikan berdasarkan kedekatan relasi Anda sebagai pemberi dengan si penerima. atau usianya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini