Share

Susu Kedelai Makin Populer, Ini 5 Manfaat Ajaibnya

Pradita Ananda, Okezone · Jum'at 20 Januari 2023 21:45 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 20 298 2750222 susu-kedelai-makin-populer-ini-5-manfaat-ajaibnya-96zLnKBNE4.JPG susu kedelai, (Foto: Freepik)

KONSUMSI susu kedelai semakin populer belakangan ini, salah satunya dengan penggunaan untuk campuran minuman kopi misalnya.

Alih-alih susu sapi seperti biasanya, sudah banyak yang memilih susu kedelai sebagai susu untuk membuat kopi susu. Susu kedelai yang rendah kalori, tinggi protein dan merupakan sumber kalsium dan kalium yang sangat baik ini juga jadi pilihan alternatif susu yang sehat bagi orang yang tidak toleran terhadap laktosa.

Susu yang terbuat dari kacang kedelai ini juga menyimpan banyak manfaat mengesankan untuk kesehatan. Penasaran? Berikut uraian singkatnya, dilansir dari NDTV, Jumat (20/1/2023).

1. Meningkatkan kesehatan tulang: Seperti susu pada umumnya, susu kedelai juga hadir sebagai sumber kalsium yang sangat baik, makanya bermanfaat untuk kesehatan tulang. Beberapa penelitian menujukkan, konsumsi susu kedelai secara teratur bisa meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis pada wanita saat menopause dini.

2. Baik untuk jantung: Sebab, susu kedelai punya asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, sehingga membantu mendukung kesehatan sistem kardiovaskular. Adanya asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda ini membantu meningkatkan kadar lipid plasma dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

3. Bantu turunkan BB: Kandungan protein dan serat yang tinggi pada susu kedelai jadi minuman yang ideal untuk menurunkan berat badan. Ini memiliki efek yang cukup besar pada BMI (body mass index) dan dikenal membantu mengatasi obesitas dan tekanan darah tinggi. Mengonsumsi susu kedelai, disebutkan bisa bantu bukan hanya menurunkan kelebihan BB tapi juga menjaga massa otot tubuh tetap di tempatnya.

4. Dorong pertumbuhan rambut: Sarat dengan kandungan protein, ini bisa merangsang pertumbuhan rambut dan sekaligus menyehatkannya.

5. Sehatkan kulit: Susu kedelai membantu mengurangi hiperpigmentasi, membantu memperbaharui sel kulit mati dan melembapkan kulit. Beberapa penelitian mendapati mengonsumsi susu kedelai bisa bantu mengurangi tanda-tanda penuaan di kulit, contohnya noda bintik hitam dan perubahan warna kulit.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini