Share

Sulaman Karawo khas Gorontalo Bakal Meriahkan IFW 2023

Muhammad Sukardi, Okezone · Sabtu 21 Januari 2023 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 21 194 2750682 sulaman-karawo-khas-gorontalo-bakal-meriahkan-ifw-2023-f6A6JFBuWO.jpg Indonesia Fashion Week 2023. (Foto: MPI)

PEKAN mode Indonesia Fashion Week (IFW) 2023 akan menampilkan kebudayaan dari Gorontalo. Mengambil tema 'Segara dari Timur', keindahan Gorontalo pun tergambar di kain Karaw

Ketua Umum Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) mengatakan, tema ini dipilih demi membantu pemerintah Provinsi Gorontalo mengembangkan potensi kain Karawo khas Gorontalo ke pasar nasional dan Internasional.

"IFW adalah alat promosi. Dengan menonjolkan keindahan sulaman Karawo khas Gorontalo di IFW 2023, itu diharapkan mampu meningkatkan kualitas produk sekaligus menaikan nilai pengrajin dan pelaku usaha Gorontalo," ungkapnya saat ditemui di Sarinah, Jakarta.

Indonesia Fashion Week

Dengan meng-highlight sulaman Karawo, sambung Poppy, itu juga sebagai bentuk mengenalkan wastra asal Gorontalo kepada pelaku usaha fashion di Tanah Air maupun secara global.

Sebab, Lyla Laya selaku Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Gorontalo mengatakan, kerjasama Dekranasda Gorontalo dengan IFW ini memang punya misi mengglobalkan sulaman Karawo.

"Hadir di IFW diharapkan bisa mengglobalkan kain Karawo Gorontalo yang sangat bagus, terlebih jika sudah di tangan desainer profesional," kata Lyla.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Selain itu, karena menjadi 'core' IFW 2023, semoga Karawo dapat bersaing dengan wastra Nusantara lainnya, sehingga dapat meningkatkan potensi fashion khas Gorontalo maupun destinasi wisata Gorontalo.

Lyla menerangkan, Karawo Gorontalo sendiri adalah sulaman yang dibuat secara handmade oleh pengrajin Gorontalo. Proses pembuatannya secara umum memakan waktu lebih dari 2 minggu untuk satu kain.

IFW 2023 sendiri akan memberikan 'slot' show khusus untuk menonjolkan Karawo yaitu pada 26 Februari 2023. Di show tersebut, akan hadir 300 baju yang terbuat dari Karawo yang dibuat oleh 36 desainer lokal asal Gorontalo maupun nasional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini