Share

7 Jenis Jeruk yang Diburu Saat Perayaan Imlek, Salah Satunya Kinno

Dyah Ratna Meta Novia, Okezone · Minggu 22 Januari 2023 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 22 298 2750947 7-jenis-jeruk-yang-diburu-saat-perayaan-imlek-salah-satunya-kinno-7YTk0h3c7R.jpg Jeruk Kinno (Foto: Express tribune)

SAAT merayakan Tahun Baru Imlek, di supermarket dan pasar-pasar tradisional hadir banyak varian jeruk mandarin. Jeruk satu ini kerap diburu masyarakat di momen Tahun Baru Cina ini.

Jika dilihat sekilas, bentuk jeruk mandarin memang tampak sama luarnya. Namun, ternyata, jeruk mandarin memiliki beberapa tipe. Nah, berikut beberapa jenis jeruk Mandarin dan juga perbedaannya.

 jeruk

1. Jeruk Ponkan

Ponkan atau Ponkam merupakan salah satu jenis jeruk mandarin Imlek yang paling populer di antara jenis lainnya karena berukuran besar. Umumnya, Jeruk mandarin ponkan berukuran tujuh hingga delapan sentimeter dan memiliki bentuk yang montok. Jenis jeruk mandarin ini memiliki cita rasa yang manis dan segar. Kulit buahnya puh mudah dikupas.

2. Kinno

Jeruk mandarin kinno merupakan jenis jeruk yang berasal dari Pakistan dan berukuran tujuh hingga delapan sentimeter. Jeruk mandarin kino memilikki cita rasa manis yang kuat, mengandung banyak biji, serta warna kulit mengilap. Kamu bisa mengolah jeruk ini menjadi minuman jus atau menggunakannya sebagai bahan tambahan untuk membuat kue.

3. Honey murcott

Jeruk mandarin jenis honey murcott merupakan salah satu jenis mandarin yang memiliki cira rasa jeruk honey murcott manis dan sedikit asam. Seperti namanya, rasanya juga mirip seperti madu.

Jenis jeruk mandari satu ini diperkirakan berasal dari Amerika Serikat dan baisanya ditanam di Australia atau China. Lebar jeruk ini sekitar sembilan sentimeter dan memiliki kulit yang cenderung tipis, serta sedikit biji.

 BACA JUGA: 5 Pantangan Saat Tahun Baru Imlek, Salah Satunya Jangan Merusak Keramik Atau Kaca!

4. Swatow

Ukurannya sama dengan Lukan dan Ponkan, tapi tekstur kulitnya lebih tebal, kasar, sehingga lebih sulit untuk dikupas. Rasanya pun tidak terlalu manis, tapi bagian dagingnya terasa lebih kenyal. Di sisi lain, keunggulan jeruk ini adalah memiliki masa usia yang lebih panjang ketimbang jeruk mandarin lainnya. Bisa awet hingga dua sampai tiga pekan loh!

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

5. Mikan

Ukurannya sedikit lebih kecil dibandingkan jeruk Mandarin lainnya, sebab hanya sekitar lima sampai tujuh sentimeter. Walau kecil, tapi rasanya manis dan segar juga ringan. Jeruk Mikan juga gampang dikupas, sangat berair dan tanpa biji. Jeruk Mandarin Mikan ini jadi jeruk spesial di beberapa wilayah di Jepang, Wakayama dan Ehime, serta di Korea tepatnya Pulau Jeju.

6. Clementine

Dibudidayakan dari varietas jeruk Mandarin yang dibudidayakan di wilayah Mediterania. Rasanya lebih asam daripada yang lain, cukup berair tapi mudah dikupas dan tanpa biji. Mengingat karena sering diimpor dari Eropa, harga jeruk ini tentunya bisa lebih mahal.

7. Dekopon

Jeruk mahal yang wajib hadir di supermarket di Jepang, saat musim perayaan Imlek. Biasa disebut sebagai Hallabong di Korea Selatan, jeruk Dekopon ini juga jadi salah satu buah khas Pulau Jeju. Aromanya ringan tapi kompleks, dengan cita rasa yang sangat pekat dan manis. Selain itu, karena lumayan berair sehingga praktis dibuat sebagai minuman ringan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini