Share

Perhatikan 5 Hal Ini Saat Membagikan Angpao Imlek 2023

Lutfan Faizi, MNC Portal · Minggu 22 Januari 2023 08:54 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 22 612 2750862 perhatikan-5-hal-ini-saat-membagikan-angpao-imlek-2023-OxLBr3o4rV.jpg Angpao (Foto: Marketing Week)

SAAT Tahun Baru Imlek 2023 biasanya orang-orang Tionghoa akan membagikan angpao kepada kerabat dan teman-temannya. Pada perkembangannya, tradisi ini telah dilakukan secara turun temurun sejak dulu.

Namun terdapat beberapa hal yang perlu diketahui dalam pemberian Angpao. Walau sifatnya tidak mengikat, namun akan lebih baik jika dilakukan sebagai bentuk untuk menghormati budaya yang sudah dijalankan secara turun temurun dari generasi ke generasi berikutnya.

angpao

Berikut sejumlah hal yang perlu diperhatikan dalam pembagian angpao Imlek 2023.

1. Memilih Warna Kertas Angpao yang Benar

Saat memberikan Angpao Imlek, akan lebih baik untuk menggunakan warna merah dalam bungkusnya. Mengutip laman China Highlights, pilihan terbaik selain merah bisa juga menggunakan warna kuning atau keemasan. Adapun alasannya sendiri karena warna-warna tersebut melambangkan kekayaan dan kemakmuran. Selain itu, hindari untuk menggunakan warna putih. Sebab, warna tersebut identik dengan pemakaman.

2. Memberikan Angpao Dengan Kedua Tangan

Saat hendak memberikan angpao kepada seseorang, sebaiknya Anda melakukannya dengan kedua tangan. Mengutip laman Mashable, selain menunjukan kesopanan, hal tersebut juga memberi kesan hormat kepada mereka, terlebih bagi yang lebih tua.

Sejatinya, ketentuan ini juga sebaiknya dilakukan bagi penerima angpao. Hal tersebut ditujukan untuk memberi kesan bahwa Anda berterima kasih dengan pemberian tersebut.

 BACA JUGA:10 Ucapan Gong Xi Fa Cai Imlek 202 dan Maknanya!

3. Jangan Membuka Angpao di Depan Pemberi

Ketentuan pembagian Angpao Imlek 2023 yang perlu diketahui berikutnya adalah jangan membukanya di depan sang pemberi. Mengutip China Highlight, menerima hadiah dan membukanya langsung di depan orang yang memberi adalah hal kurang bagus. Selain dirasa kurang sopan, hal tersebut juga bisa saja disalahartikan oleh sang pemberi angpao. Maka dari itu, akan lebih baik jika menyimpannya dulu dan membukanya belakangan.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

4. Memperhatikan Simbolisme Angka 

Budaya Tionghoa sangat memperhatikan pemilihan angka. Hal ini juga bisa berlaku bagi pemilihan nominal angpao yang diberikan. Sebagai contoh, akan lebih baik untuk menghindari angka 4, karena dianggap mirip dengan kematian atau hal buruk. Sebagai gantinya, bisa gunakan angka 8 karena melambangkan kekayaan dan kesuksesan. Selain itu, angka genap juga bisa menjadi pilihan. Adapun alasannya karena hal-hal baik dalam kehidupan juga datang secara berpasangan alias tidak ganjil.

5. Berikan Kepada yang Tertua Lebih Dulu

Menurut laman Mashable, sebagian besar budaya Asia menyempatkan untuk memberikan kesempatan bagi yang tertua dulu dalam segala hal, termasuk di antaranya ketika menerima hadiah. Biasanya, hal tersebut dilakukan untuk menghormati statusnya yang lebih tua. Meski kerap disebut tak adil, namun memang seperti itu cara kerjanya. Sehingga para muda-mudi harus mengalah terlebih dahulu.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini