Share

Weekend Jangan Lupa Tidur Siang, Ini 3 Manfaatnya

Kevi Laras, MNC Portal · Minggu 22 Januari 2023 10:17 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 22 612 2750886 weekend-jangan-lupa-tidur-siang-ini-3-manfaatnya-K989voPbff.jpg Tidur siang (Foto:Healthline)

HARI libur (weekend) menjadi momen tepat untuk beristirahat total dari segala kegiatan sehari-hari. Rasa lelah dari aktivitas sehari-hari mungkin saja menumpuk, ada baiknya untuk tidur siang.

Sebagian besar ahli sepakat bahwa tubuh membutuhkan waktu tidur 7-9 jam per hari, tergantung pada faktor pribadi dan genetik. Sehingga jika kurang tidur dapat mengalami lebih banyak kemurungan, perilaku agresif, kelelahan, dan lebih banyak stres.

 tidur siang

Berikut 3 manfaat tidur siang, antara lain,

 

1. Tingkatan Daya Ingat

Ketika anda tidur siang, menurut penelitian ada manfaatnya karena memainkan peran penting dalam menyimpan ingatan. Tidur siang, dapat membantu Anda mengingat hal-hal yang dipelajari di awal hari sebanyak tidur malam penuh.

"Tidur siang berfungsi untuk mencegah melupakan hal-hal seperti keterampilan motorik, persepsi indra, dan ingatan verbal juga," keterangan WebMD

2. Mood booster

Bukan hanya memulihkan saya ingat seseorang, tidur siang juga bisa meningkatkan mood seseorang. Tidur siang, atau hanya beristirahat selama satu jam tanpa tertidur, dapat mencerahkan pandangan Anda.

Menurut para ahli relaksasi, seperti tidur siang atau berbaring dan istirahat adalah penguat suasana hati, baik Anda tertidur atau tidak. Bahkan manfaat dari tidur siang, singkat seperti 10-15 menit juga bisa bermanfaat.

Melansir WebMD bisa meminimalisir rasa grogi, sebaliknya tidak dianjurkan terlalu lama. "Semakin lama tidur siang, semakin besar kemungkinan memiliki perasaan itu. Semakin buruk, semakin banyak waktu yang Anda perlukan untuk bangun dan kembali bekerja," keterangan dalam website

 BACA JUGA:Sulit Tidur Menjelang Datang Bulan? Ini Penyebabnya!

3. Peningkatan fungsi kognitif

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa tidur siang 1 jam, memiliki lebih banyak efek restoratif (pemulihan). Jika dibandingkan tidur siang 30 menit, termasuk peningkatan fungsi kognitif yang jauh lebih besar.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(DRM)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini