Share

5 Pantangan Saat Tahun Baru Imlek, Salah Satunya Jangan Merusak Keramik Atau Kaca!

Annastasya Rizqa, MNC Portal · Minggu 22 Januari 2023 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 22 612 2750935 5-pantangan-saat-tahun-baru-imlek-salah-satunya-jangan-merusak-keramik-atau-kaca-Q2WjCs70Ox.jpg Imlek (Foto: Reuters)

TAHUN Baru Cina atau Imlek dirayakan dengan berbagai kegiatan, salah satunya membagikan angpao. Perayaan Tahun Baru Imlek disambut dengan penuh suka cita oleh masyarakat dan umat Tionghoa.

Bicara tentang Tahun Baru China, tentu ada banyak tradisi yang biasa dilakukan umat Tionghoa. Salah satunya ialah tidak melakukan pantangan saat perayaan Imlek.

 imlek

Bukan tanpa alasan, mereka percaya menghindari pantangan tersebut bisa menghindari kesialan dalam hidup mereka, khususnya di tahun Kelinci Air ini.

Penasaran pantangan apa saja saat tahun baru Imlek?

1. Jangan Mengucapkan Kata-kata Negatif

Semua kata dengan konotasi negatif dilarang diucapkan saat perayaan Imlek. Kata-kata itu termasuk kematian, sakit, hantu, kemiskinan, dan banyak lagi.

Umat Tionghoa percaya pantangan mengucapkan kata-kata negatif itu bisa memengaruhi kehidupan mereka, dan tak ingin kesialan menimpa keluarga dan orang-orang tercintanya.

2. Jangan Merusak Keramik atau Kaca

Selanjutnya ialah tidak merusak keramik atau kaca saat perayaan Imlek. Melanggar hal-hal tersebut dipercaya akan membuat kamu terhindari dari kemakmuran dan kekayaan.

Jika piring atau mangkok terjatuh, segera bungkus dengan kertas merah sambil menggumamkan kata-kata mutiara. Beberapa orang akan mengatakan suì suì píng ān, yang berarti meminta perdamaian dan keamanan setiap tahun. Setelah perayaan tahun baru, buang pecahan yang terbungkus ke dalam danau atau sungai.

3. Jangan Bersih-Bersih atau Menyapu

Umat Tionghoa percaya bahwa bersih-bersih harus dilakukan sebelum perayaan Imlek. Namun, mereka pantan melakukan bersih-bersih atau menyapu saat tahun baru tiba.

Mereka yakin kalai membersihkan atau membuang sampah malah bisa menghilangkan keberuntungan. Jika harus melakukannya, pastikan untuk memulai dari tepi luar ruangan dan menyapu ke dalam. Kantongi semua sampah dan buang setelah hari ke-5. Mereka juga percaya soal pantangan tak boleh mandi saat perayaan Imlek.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

4. Dilarang Menggunakan Benda Tajam

Penggunaan benda tajam juga dilarang saat perayaan Imlek. Mereka percaya benda tajam pada umumnya akan memotong aliran kekayaan dan kesuksesan umat Tionghoa.

5. Tidak Mengunjungi Keluarga Istri

Satu lagi pantangan di hari Imlek yang tak boleh dilanggar ialah mengunjungi keluarga istri pada perayaan Tahun Baru Cina. Mereka percaya hal ini berarti ada masalah pernikahan dan mungkin juga membawa kesialan bagi seluruh keluarga.

Pasangan itu harus mengunjungi keluarga istri pada hari ke-2. Mereka akan membawa anak-anak mereka, serta hadiah sederhana untuk dinikmati bersama keluarga.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini