Share

6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak Biar Enggak Lepek Lagi

Dyah Ratna Meta Novia, Okezone · Minggu 22 Januari 2023 15:14 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 22 612 2750989 6-cara-mengatasi-rambut-berminyak-biar-enggak-lepek-lagi-RHjK8RmmhR.jpg Rambut pelek (Foto: Emedihealth)

RAMBUT berminyak atau lepek kerap mengganggu penampilan siapapun. Rambut akan terasa lengket, terutama di bagian tengah hingga ujungnya. Rambut juga terlihat tipis dan tidak bervolume.

Rambut lepek, merupakan kondisi yang disebabkan oleh produksi minyak berlebih di kulit kepala.

Hal ini tentu bisa diatasi dengan berbagai cara. Coba 6 cara atasi rambut berminyak berikut yang dilansir dari Healthline.

 keramas

1. Sering keramas

Orang dengan rambut yang sangat berminyak mungkin perlu keramas sekali sehari. Shampo membantu menghilangkan minyak berlebih, serta kotoran dan sisa produk rambut, dari kulit kepala.

2. Keramas dengan benar

Keramas dengan cara yang tidak tepat, ternyata bisa juga menyebabkan rambut mudah berminyak lho!

Untuk mencuci rambut dengan benar, usapkan sedikit sampo ke akar dan kulit kepala dengan lembut. Hindari menggunakan kuku atau membuat gesekan yang tidak perlu pada helaian rambut. Menggosok dengan cara yang agresif dapat mengiritasi kulit kepala dan menyebabkannya menghasilkan lebih banyak minyak.

Fokus pada kulit kepala, di mana minyak berada, bukan pada panjang rambut. Jangan mengoleskan sampo langsung ke ujung rambut atau menggosoknya. Sebagai gantinya, biarkan sampo mengalir melalui ujungnya saat dibilas.

 

3. Aplikasikan kondisioner hanya pada ujung rambut

Kondisioner dapat membuat rambut Anda terlihat berminyak dan menyebabkan minyak menumpuk lebih cepat. Aplikasikan kondisioner hanya pada ujung rambut, dan pastikan untuk membilasnya secara menyeluruh.

 BACA JUGA:Suka Keramas di Malam Hari? Waspada Ancaman Jamur di Kulit Kepala!

4. Hindari alat penata rambut

Catok atau hair dryer dapat memberikan hasil akhir yang mulus dan halus. Tapi alat-alat tersebut juga bisa membuat rambut terlihat lebih cepat berminyak.

Biarkan rambut mengering dengan sendirinya dan nikmati tekstur alaminya.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

5. Bersihkan sisir

Sisir mungkin penuh dengan produk penataan rambut, minyak, dan kotoran lain yang dapat membuat rambut Anda kotor segera setelah keramas.

Bersihkan alat penataan rambut dengan sedikit sampo atau sabun yang lembut untuk menghilangkan penumpukan yang ada. Demikian juga, bersihkan semua rambut rontok setelah setiap menyisir agar sisir bebas dari minyak dan kotoran.

 

6. Bersihkan dengan lidah buaya

Aloe Vera atau lidah buaya bisa dibuat menjadi masker rambut, dan bagus untuk menjaga kulit kepala. Karena berfungsi untuk menghilangkan minyak ekstra, melawan penumpukan produk, menenangkan kulit kepala, dan melindungi setiap helai rambut.

Dengan mengaplikasikan lidah buaya selama 2-3 kali dalam seminggu, Anda akan mendapatkan rambut yang lembut dan sehat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini