Share

Rajin Makan Bawang Putih Hitam, Begini Loh 6 Manfaatnya

Kiki Oktaliani, MNC Portal · Senin 23 Januari 2023 19:29 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 23 298 2751455 rajin-makan-bawang-putih-hitam-begini-loh-6-manfaatnya-sxW2iCzpE2.jpg Ilustrasi Bawang Hitam. (Foto: Shutterstock)

BAWANG memang dieknal sebagai salah satu bahan makanan yang memiliki anti-oksidan tinggi. Tidak heran jika mengonsumsi bawang disebut dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker perut, pankreas, kerongkongan, prostat, hingga payudara.

Dua kenis bawang yang paling dikenal adalah bawang putih dan bawang merah. Tapi, selain itu ada juga bawang hitam sendiri merupakan hasil fermentasi dari bawang putih segar yang masih mentah.

Bawang akan disimpan pada suhu antara 60 sampai 77 derajat celcius selama sekitar 30 hingga 90 hari. Dalam prosesnya tersebut, akan menghasilkan tekstur dan rasa bawang putih yang berbeda.

Teksturnya lebih lembut, lebih kenyal, dan lebih manis dari bawang putih mentah biasa. Meskipun tak banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, black garlic memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Bawang Hitam

Mengontrol gula darah

Sama halnya dengan bawang putih mentah segar, black garlic dapat membantu mengatur kadar gula darah. Dengan mengurangi gula darah tinggi, membantu mencegah masalah kesehatan yang serius, seperti gejala diabetes, disfungsi ginjal, dan lainnya. Tingkat antioksidan yang lebih tinggi dalam black garlic juga dapat membantu mencegah komplikasi terkait diabetes.

Melindungi jantung

Bawang putih mentah dikenal karena kemampuannya membantu meningkatkan kesehatan jantung. Black garlic dapat memberikan efek perlindungan yang sama. Black garlic juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, yang pada gilirannya mengurangi risiko penyakit jantung.

Melawan beberapa kanker

Banyak penelitian menunjukkan bahwa sifat antioksidan Black garlic dapat membantu melawan kanker. Satu studi menemukan bahwa kandungan di dalam black garlic dapat membantu mengurangi pertumbuhan sel kanker usus besar.

Senyawa dalam Black garlic juga dapat memblokir radikal bebas dalam tubuh. Senyawa tersebut mengurangi kerusakan sel dan dapat membantu membatasi pertumbuhan dan potensi penyebaran sel kanker dalam tubuh.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Kesehatan otak

Dengan antioksidannya, black garlic dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh dan mencegah penyakit seperti Alzheimer dan penyakit Parkinson. Black garlic juga dapat membantu meningkatkan daya ingat dan bagian lain dari fungsi kognitif.

Meningkatkan kekebalan

Dengan mengurangi peradangan, antioksidan dalam black garlic dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan melawan radikal bebas dan mencegah stres oksidatif yang menyebabkan kerusakan sel. Jika sistem kekebalan tubuh baik dan sehat berarti tubuh mampu melawan infeksi dan bakteri dengan lebih efektif.

Baik untuk Kesehatan Hati

Black garlic dapat membantu meningkatkan kesehatan hati. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi black garlic dapat membantu menurunkan penanda kerusakan hati, mengurangi timbunan lemak di hati, dan menyeimbangkan kembali ukuran sel hati.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini