Share

Apa yang Sebaiknya Dimakan Usai Divaksin Booster Covid Dosis 2?

Pradita Ananda, Okezone · Selasa 24 Januari 2023 18:45 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 298 2752169 apa-yang-sebaiknya-dimakan-usai-divaksin-booster-covid-dosis-2-g3qwWNaBEE.JPG rekomendasi makanan setelah divaksin Covid-19, (Foto: Freepik)

PROGRAM vaksinasi Covid-19 booster dosis kedua untuk masyarakat umum, resmi digelar pemerintah hari ini, Selasa 24 Januari 2023.

Setiap warga negara yang sudah berusia 18 tahun ke atas, dan sudah mendapatkan vaksin Covid-19 dosis primer dan booster dosis pertama, berhak mendapatkan vaksin Covid-19 booster dosis 2 atau vaksin Covid-19 dosis keempat.

Memastikan diri untuk divaksin Covid-19 ini, adalah sebagai salah satu upaya sangat efektif untuk melindungi diri dari keparahan dan akibat fatal yakni kematian akibat infeksi Covid-19.

Sebagian orang mungkin mengalami efek samping ringan pasca divaksin misalnya demam, mual, lemas, atau sakit kepala yang biasanya mereda dalam beberapa hari. Selain istirahat, disarankan pula untuk makan makanan baik yang direkomendasikan ahli kesehatan setelah divaksinasi Covid-19.

Melansir Healthline, Selasa (24/1/2023) yang sudah ditinjau secara medis oleh Kim Rose-Francis RDN, CDCES, CNSC, LD, berikut beberapa makanan terbaik untuk dimakan pasca vaksinasi Covid-19.

1. Minum banyak air mineral: Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik sebelum dan sesudah divaksin, ini sangat penting karena ketika tubuh dehidrasi bisa memperburuk efek samping vaksin, misalnya hilang kesadaran yang terkadang-kadang bisa terjadi setelah vaksin, terutama jika Anda termasuk orang yang takut akan jarum suntik.

Tak hanya itu, dehidrasi juga bisa menyebabkan sakit kepala, yang jadi after effect umum lainnya yang dialami banyak orang setelah divaksinasi. Idealnya, bawalah sebotol air ke lokasi vaksin agar bisa langsung minum dan minumlah banyak air sepanjang hari begitu tiba di rumah.

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

2. Makan makanan anti inflamasi: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan anti-inflamasi bisa melindungi dan mengurangi efek dari Covid-19, bersama dengan jenis infeksi lainnya. D

Disarankan begitu selesai divaksin, bisa makan buah-buahan beri contohnya stroberi, bluberi, raspberi, blackberry, ikan penuh omega 3 seperti salmon, sarden, ikan kembung. 

(Foto: Freepik)

Hingga brokoli, alpukat, jamur, anggur, kunyit, dark chocolate, tomat, sampai ceri.

(Foto: Freepik)

3. Makanan melawan mual: Dalam beberapa penelitian, disebutkan dengan mencium aroma makanan tertentu seperti lemon dan peppermint telah terbukti membantu untuk meredakan mual.

Usai divaksin, Anda juga bisa mengonsumsi makanan kering dan polos seperti crackers atau roti bakar untuk membantu mengurangi mual. Jika tak napsu makan, coba minum berbagai teh herbal seperti teh campur jahe, teh chamomile, teh dengan madu dan air perasan lemon, hingga teh peppermint.

 BACA JUGA:Resep Pai Buah ala Chef Devina Hermawan, Segar Creamy!

BACA JUGA:Resep Bola-Bola Nasi Sosis Keju, Bisa Jadi Menu Sarapan Lezat si Kecil!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini