Share

Bagaimana Sih Cara Kerja SPF Pada Sunscreen untuk Melindungi Kulit?

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Selasa 24 Januari 2023 14:38 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 611 2752008 bagaimana-sih-cara-kerja-spf-pada-sunscreen-untuk-melindungi-kulit-V8Tv89fHnH.jpg Ilustrasi Sunscreen. (Foto: Freepik)

MENGGUNAKAN tabir surya atau sunscreen memang diperlukan meskipun kita bekerja di dalam ruangan. Pasalnya, paparan sinar ultraviolet (UV) matahari secara berlebih bisa memicu kerusakan kulit hingga kanker.

Memang, umumnya seseorang menggunakan tabir ketika beraktivitas di luar ruangan. Tapi bukan berarti bekerja dalam ruangan tidak membutuhkan penggunaan tabir surya. Hanya saja, pemilihan SPF mereka yang bekerja di dalam dan luar ruangan memang berbeda.

Ada banyak produk tabir surya yang beredar di pasaran dengan beragam angka SPF yang ditawarkan, seperti SPF 25, 30, dan 50. Biasanya, makin tinggi angka SPF, makin mahal pula harganya.

Sunscreen

Kepanjangan SPF adalah sun protection factor. SPF digunakan sebagai ukuran untuk mengetahui kemampuan tabir surya dalam melindungi kulit ketika berhadapan dengan sinar UV. Angka pada SPF memberi tahu berapa lama kamu bisa bertahan di bawah sinar matahari tanpa mengalami sunburn alias kulit terbakar saat memakai tabir surya.

Ini bukan indikator berapa lama kamu bisa berada di bawah sinar matahari, melainkan lama waktu yang dibutuhkan kulit untuk mulai memerah ketika sudah dioleskan tabir surya. Hal ini jika dibandingkan kulit tidak dioleskan tabir surya sama sekali.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Misalnya kulit kamu membutuhkan waktu 15 menit untuk mengalami sunburn saat terpapar matahari langsung. Ketika kamu mengoleskan tabir surya SPF 30, dibutuhkan waktu 30 kali lebih lama atau setara 7,5 jam hingga kulit kamu terbakar.

Meski begitu, bukan berarti kulit kamu tidak akan terbakar ketika menggunakan sunscreen dengan SPF yang tepat. Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi paparan sinar matahari.

Misalnya dalam kondisi yang sama, orang kulit putih cenderung menyerap lebih banyak sinar matahari daripada orang berkulit gelap. Selain itu, pengaplikasian ulang tabir surya juga penting untuk membatasi penyerapan radiasi matahari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini