Share

Sering Ada di Bakso, Ini 5 Manfaat Kesehatan dari Seledri

Kiki Oktaliani, MNC Portal · Kamis 26 Januari 2023 07:40 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 25 298 2753114 sering-ada-di-bakso-ini-5-manfaat-kesehatan-dari-seledri-u7Lf1uAbvu.JPG manfaat ajaib seledri, (Foto: Freepik)

SELEDRI yang termasuk jenis sayuran dan tumbuhan obat, dalam keseharian biasanya banyak dipakai sebagai condiment atau pelengkap di berbagai hidangan berkuah, contohnya di bakso atau soto.

Sebagai sayuran, seledri ternyata kaya akan serat dan mineral yang baik untuk sistem pencernaan dan kardiovaskular. Selain kedua manfaat tersebut, seledri masih punya beberapa manfaat kesehatan mengesankan lainnya, simak ulasannya di bawah ini, seperti diwarta dari Healthline, Kamis (26/1/2023)

1. Sumber antioksidan: Sarat dengan antioksidan, seledri bisa bermanfaat untuk melindungi sel, pembuluh darah, dan organ dari kerusakan oksidatif pada tubuh. Seledri mengandung vitamin C, beta karoten, dan flavonoid, dan setidaknya ada 12 jenis tambahan nutrisi antioksidan yang ditemukan dalam satu tangkai seledri.

Seledri juga sumber fitonutrien yang luar biasa, yang telah terbukti mengurangi kasus peradangan pada saluran pencernaan, sel, pembuluh darah, dan organ.

2. Kurangi peradangan: Seledri dan biji seledri punya sekitar 25 senyawa anti inflamasi yang bisa memberikan perlindungan terhadap peradangan dalam tubuh.

 

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

3. Baik untuk sistem pencernaan: Nutrisi antioksidan dan antiinflamasi yang ada pada sayuran hijau satu ini memberikan perlindungan ke seluruh saluran pencernaan. Adanya polisakarida berbasis pektin dalam seledri, termasuk senyawa yang dikenal sebagai apiuman, telah terbukti mengurangi sakit maag, memperbaiki lapisan lambung, dan memodulasi sekresi lambung dalam penelitian pada hewan.

Selain itu kandungan air seledri yang tinggi, 95 persen ditambah serat larut dan tidak larut dalam jumlah banyak, berfungsi menyehatkan sistem saluran pencernaan.

 BACA JUGA:Lagi Populer di TikTok, Ini Loh 4 Manfaat Buah Lontar

BACA JUGA:Makin Langka, Ini 5 Manfaat Makan Buah Ciplukan

4. Bantu stabilkan gula darah: Karena seledri mengandung vitamin A, K, dan C, ditambah mineral seperti potasium dan folat, dengan sodium dan indeks glikemiknya yang rendah. Artinya mempunyai efek yang stabil untuk gula darah.

5. Efek alkalizing: Dengan kandungan mineral seperti magnesium, besi, dan natrium, tak heran seledri memiliki efek menetralkan makanan asam.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini