Share

Viral Perempuan Nabung 12 Tahun Demi Nikahkan Kakaknya

Adinda Fahrani, Jurnalis · Rabu 25 Januari 2023 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 25 612 2752825 viral-perempuan-nabung-12-tahun-demi-nikahkan-kakaknya-XCJUApdJ3f.jpg Ilustrasi Pernikahan. (Foto: Shutterstock)

MEMBERIKAN hadiah bagi saudara kandung yang telah menikah memang lazim dilakukan. Setiap orang pun memiliki prioritas seberapa besar hadiah yang akan mereka berikan pada keluarganya yang merayakan pernikahan.

Nah, beberapa waktu lalu viral perempuan asal Tionghoa yang mengklaim telah menghabiskan 12 tahun dalam hidupnya mengumpulkan uang, guna memastikan saudara laki-lakinya menemukan seorang pengantin.

Bukan rahasia lagi bahwa mendapatkan pengantin wanita di China lebih sulit daripada di negara lain. Salah satu efek tak terduga dari kebijakan satu anak yang terkenal buruk di negara Asia itu adalah ketidaksetaraan gender.

Dilansir dari laman Oddity Central, selama beberapa dekade banyak pasangan terutama di daerah pedesaan mengincar anak laki-laki. Oleh sebab itu, para orang tua akan memastikan bahwa anak tunggal mereka adalah laki-laki, bila tidak akan beralih ke aborsi dan bahkan membunuh bayi karena jenis kelaminnya.

Laki-laki cukup kuat untuk bekerja itulah yang menciptakan ketidaksetaraan gender di China sehingga sulit bagi pria untuk mendapatkan pengantin wanita. Ada tradisi Tionghoa di mana keluarga mempelai pria harus memberikan hadiah kepada keluarga mempelai wanita.

Perempuan Viral

Di tahun 60-an dan 70-an hadiah sederhana berupa tempat tidur, kemudian di tahun 80-an itu adalah barang elektronik rumah tangga, seperti TV dan lemari es, tetapi sejak ledakan ekonomi yang dimulai pada 1990-an, hadiah pengantin berupa uang tunai, mobil, dan rumah.

Karena itu, seorang wanita berusia 33 tahun dari provinsi Anhui, di China timur yang dilaporkan mendedikasikan 12 tahun dalam hidupnya untuk memastikan saudara laki-lakinya memiliki cukup kekayaan untuk mendapatkan seorang istri.

Wanita yang namanya tidak disebutkan itu mengatakan kepada Miao Wen bahwa dia telah menjalankan sebuah restoran kecil, pancake Cina dengan omset bulanan 100.000 yuan (USD14.000). Dia telah berinvestasi di rumah seluas 129 meter persegi dan mobil baru untuk saudara laki-lakinya, dan dia juga menghadiahkan restorannya kepada sang kakak.

“Saya akan memikirkan diri saya sendiri setelah kakak saya menikah, pernikahan saya bisa menunggu,” kata wanita lajang itu.

“Selama sekitar empat tahun terakhir, saya sangat pelit, bahkan saat membeli baju baru untuk diri saya sendiri.” tambahnya lagi.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Wanita itu mengatakan dia belum mendapatkan rumah untuk dirinya sendiri, kakaknya adalah prioritas dan dia akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengkhawatirkan dirinya sendiri setelah kakaknya menikah.

Meski demikian, keputusannya ini pun memicu perdebatan sengit di media sosial Tiongkok, dengan sebagian besar orang mengungkapkan rasa kasihan padanya, dan beberapa bahkan menuduhnya memberikan contoh yang buruk.

“Apakah kakaknya tidak bisa bekerja atau semacamnya? Ini tidak adil bagi saudari yang malang!” komentar satu orang.

“Semakin banyak dia memberi kepada saudara laki-lakinya, semakin banyak saudara laki-lakinya terima begitu saja,” tulis orang lain.

Menanggapi semua kritik, wanita itu hanya mengatakan bahwa orang tidak tahu apa yang dialami keluarganya selama bertahun-tahun sehingga mereka tidak bisa memahami motifnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini