Share

6 Kesalahan Setelah Berolahraga, Nomor 4 Paling Sering Dilakukan

Adinda Fahrani, Jurnalis · Rabu 25 Januari 2023 16:34 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 25 612 2752883 6-kesalahan-setelah-berolahraga-nomor-4-paling-sering-dilakukan-ys1oVrieQr.jpg Ilustrasi Kesalahan setelah Berolahraga. (Foto: Shutterstock)

OLAHRAGA memang harus dilakukan 150 menit dalam seminggu guna menjaga kesehatan tubuh kita. Selain untuk menjaga kesehatan, olahraga pun memiliki efek lain seperti menurunkan berat badan ataupun membentuk tubuh menjadi lebih berotot. Namun, apakah kamu memperhatikan kebiasaan yang dilakukan setelah berolahraga?

Kebiasaan atau hal yang kamu lakukan setelah berolahraga sering kali membuat latihanmu menjadi sia-sia atau tidak mencapai hasil yang maksimal. Dilansir dari laman News.com.au, menurut ahli gizi Alex Thomas, pendiri Sports Nutrition Association, sudah waktunya untuk menganalisis kebiasaan makan setelah berolahraga.

Apakah kamu berhemat protein atau meraih sport drink alih-alih air, berikut adalah enam cara kamu dapat menyabot hasil olahraga.

Olahraga

Jangan abaikan jumlah kalori

Menghitung kalori itu penting untuk penurunan berat badan secara umum dan pemeliharaan berat badan. Artinya, meskipun makanan yang kamu makan sehat, seperti kacang-kacangan, buah, atau protein kamu tetap perlu memantau asupan kalori. Sebab, tanpa defisit kalori tidak akan ada penurunan berat badan.

Makan protein yang cukup

Disarankan untuk mengonsumsi minimal 1,4g protein per kilo berat badan kamu dalam sehari. Aspek penting dari pemulihan pasca-latihan adalah memastikan bahwa kamu mendapatkan protein yang mudah dicerna dalam dosis besar dan dalam waktu 45 menit setelah latihan.

Jangan konsumsi alkohol setelah berkeringat

Penelitian menunjukkan bahwa alkohol pasca-latihan akan memengaruhi pemulihan kamu sampai batas tertentu dan dapat mengganggu proses metabolisme seperti metabolisme lemak dan kehilangan lemak. Meski terdengar membosankan, cobalah segelas air dingin sebagai gantinya.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Cobalah untuk tidak makan sepuasnya

Jika menurunkan berat badan adalah tujuan utama kamu, maka janganlah makan berlebihan setelah berolahraga. Cara terbaik untuk meningkatkan penanda kesehatan kamu adalah dengan memantau porsi makan dan membakar lebih banyak kalori daripada yang kamu konsumsi.

Jangan meraih sport drink alih-alih pengganti air

Rata-rata orang tidak membutuhkan sport drink setelah berolahraga, kamu dapat rehidrasi dengan air. Diet yang mencakup makanan utuh secara alami mengandung elektrolit, sport drink dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Jangan berhemat pada karbohidrat

Untuk membakar lemak, kamu membutuhkan diet yang seimbang. Jadi, lupakan hype seputar rendah karbohidrat. Tubuh kamu membakar simpanan glikogen selama berolahraga. Oleh sebab itu, untuk mengisi bahan bakar dan membantu perbaikan otot, karbohidrat diperlukan setelah berolahraga. Itulah 6 hal yang tidak boleh dilakukan setelah berolahraga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini