Share

Podcast Aksi Nyata: Jangan Sepelekan Pentingnya Skincare untuk Kulit Bayi

Wiwie Heriyani, MNC Portal · Rabu 25 Januari 2023 20:14 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 25 612 2753056 podcast-aksi-nyata-jangan-sepelekan-pentingnya-skincare-untuk-kulit-bayi-Q8JGHcYGKQ.JPG Felicia, CEO Malo Indonesia, (Foto: tangkapan layar Youtube Partai Perindo)

PRODUK perawatan kulit (skincare) tak hanya penting untuk anak remaja dan orang dewasa. Tahukah Anda kalau anak bayi juga sebetulnya membutuhkan perawatan untuk kulit.

Apalagi, dibanding orang dewasa, kulit bayi justru cenderung lebih sensitif dan sangat rentan mengalami masalah kulit seperti kulit kering, bersisik, ataupun gatal.

Berbagai kerentanan inilah yang dapat menyebabkan bayi mudah rewel karena merasa tidak nyaman. Itu sebabnya, para orang tua perlu mengetahui cara merawat kulit bayi yang tepat. Tujuannya? Supaya kesehatan kulit bayi tetap terjaga optimal, dan meminimalkan risiko terkena masalah gangguan pada kulit.

CEO dan CO Founder Malo Indonesia, Felicia Debora Idama mengatakan salah satu alasan mengapa bayi membutuhkan produk perawatan kulit, ialah karena kulit merupakan salah satu bagian yang paling sering bersentuhan langsung saat bayi berinteraksi dengan sekitar, salah satunya dengan orang tuanya.

“Kulit itu adalah landasan cinta kasih. Terutama untuk anak ya. Kita memeluk anak, interaksinya gimana? Di kulit. Kita cium anak interaksinya di mana? Di kulit. Pokoknya semuanya itu kulit,” kata Felicia, dalam siaran Podcast Aksi Nyata, “Mempersiapkan Masa Depan Anak Lewat Perawatan, Emang Bisa?” dikutip dari kanal Youtube Partai Perindo, Rabu, (25/1/2023).

“Nah, bayangkan kalau anak itu kulitnya iritasi. Pertama, bikin anak tidak nyaman. Contoh deh anak aku, begitu dia ekzemanya kambuh, bisa semalaman itu enggak tidur karena garuk-garuk terus,” sambungnya.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Faktor lainnya, mobilitas anak usia balita yang umumnya mulai aktif bermain di lingkungan sekitarnya. Saat sedang bermain, tubuh dan kulit anak biasanya akan mudah berkeringat dan bisa saja membuat si kecil merasa tidak betah.

Nah, kondisi seperti ini sebetulnya bisa dicegah sejka dini dengan memberikan produk perawatan kulit bayi, baik sebelum maupun usai melakukan aktivitas tersebut.

“Saat anak beranjak balita, kulitnya tidak dirawat sebagaimana mestinya, kita sebagai orang tua secara psikologis aduh anakku jangan main kotor-kotor, anakku jangan main panas-panasan, padahal itu adalah waktu terbaik bagi anak-anak untuk eksplorasi,” papar Felicia.

Studi dari jurnal yang dipublikasikan oleh National Library of Medicine mengungkap bahwa lapisan epidermis kulit bayi terbukti 20 persen lebih tipis dibanding orang dewasa. Perbedaan struktur kulit antara si Kecil dengan orang dewasa inilah yang menjadikan si Kecil lebih rentan memiliki kulit kering dan kulit sensitif, termasuk iritasi.

“Selain itu banyak yang belum mengerti, banyak yang selalu bilang bahwa kulit bayi itu sensitif, jangan dikasih apa-apa. Nah, sebenarnya skin barier bayi itu setiap hari mengalami perenggangan,” papar Felicia lagi.

 BACA JUGA:Geluti Bisnis Produk Perawatan Bayi, Apa Tantangannya?

BACA JUGA:1.500 Nama Bayi Laki-laki Islami Lengkap Beserta Artinya, Ada Bermakna Emas

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini