Share

Kenapa Nasi Harus Diaduk Setelah Matang? Begini Penjelasannya

Nurul Amanah, Okezone · Sabtu 28 Januari 2023 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 28 298 2754709 kenapa-nasi-harus-diaduk-setelah-matang-begini-penjelasannya-p2km6tU8Td.jpg Nasi baru matang harus diaduk (Foto: Tastingtable)

KETIKA memasak nasi, Anda harus segera mengaduknya saat nasi baru matang. Hal ini ternyata bertujuan agar nasi tak cepat basi. Mengaduk nasi yang baru matang bertujuan untuk mengeluarkan uap-uap panas yang ada di dalam nasi. Jika uap air sudah keluar maka nasi menjadi tidak cepat basi.

Hal ini dijelaskan oleh Prof Mikrajuddin Abdullah, seorang ahli fisika dari ITB (Institut Teknologi Bandung) yang membuat analisis dengan teori yang ada terkait dengan tujuan harus diaduknya nasi yang baru matang di facebooknya pada 2018 lalu.

Nasi Baru Matang

Prof Mikrajuddin mencontohkan kebiasaan istrinya yang selalu mengaduk nasi ketika baru matang. Ia menjelaskan, setelah nasi matang, masih ada air yang terperangkap antara butiran nasi.

Air akan keluar melalui proses penguapan (difusi)dengan proses yang lama. Akibatnya, kalau nasi tidak diaduk, maka air terperangkap cukup lama dalam nasi dan dapat menyebabkan nasi cepat basi.

Jika nasi diaduk (dihamburkan) setelah matang, akan terdapat ruang kosong antara butiran nasi. Ruang kosong tersebut memudahkan air yang terperangkap di bagian dalam menguap keluar. Ini serupa dengan material berpori di mana gas mudah melewatinya. Dengan demikian, jumlah air yang terperangkap dalam nasi berkurang dan nasi bisa awet cukup lama (tidak cepat basi).

Itulah penjelasan mengapa nasi harus diaduk ketika baru matang, bukan sekedar agar nasi tercampur dan matang secara merata saja melainkan ada penjelasan ilmiah di baliknya.

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini