Share

Hebat! Desainer Perhiasan Indonesia Menangkan Kompetisi Bergengsi Kelas Dunia

Melati Pratiwi, MNC Portal · Kamis 02 Februari 2023 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 02 02 194 2757667 hebat-desainer-perhiasan-indonesia-menangkan-kompetisi-bergengsi-kelas-dunia-NYFoOIx22C.jpg Desainer perhiasan dari Indonesia berhasil meraih penghargaan Internasional. (foto: Istimewa)

DESAINER perhiasan bernama Amelia Rachim mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Bagaimana tidak, dia berhasil memenangkan HRD Antwerp Design Award ke-18 kategori gemstone, yang digelar pada pameran perhiasan di Vicenza, Italia 22 Januari 2023.

Hebatnya lagi, Amelia adalah satu-satunya wakil Indonesia dalam pergelaran tersebut dan sukses bersaing dengan 1,600 peserta lain dari ratusan negara.

Desainer indonesia

Lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Desain Industri pada 2008, sekaligus penerima Djarum Beasiswa Plus tahun 2006 itu membawa desain anting bertajuk 'Piece by Piece yang bentuknya menyerupai rangkaian semut yang membawa batu permata aneka warna.

Ya, Amelia memang terinspirasi dari hewan mungil itu. Bukan tanpa alasan, Amelia Rachim melihat adanya karakteristik dari semut yang cenderung mirip dengan masyarakat Indonesia yakni gotong-royong.

Desainer indonesia

Sebagai desainer perhiasan yang bangga akan kekayaan Indonesia, Amelia pun selalu memasukan perasaannya terhadap Tanah Air. Sampai-sampai pembuatan perhiasaan miliknya pun menggunakan teknik tradisional khas Indonesia.

“Padu-padan desain khas Indonesia dan teknik pembuatan perhiasan tradisional dalam karya saya ini harapannya dapat membuat para perajin Indonesia semakin percaya diri dalam mengembangkan karyanya. Sebab, teknik-teknik yang mereka gunakan sebenarnya banyak diadaptasi oleh produsen perhiasan internasional,” kata Amelia Rachim, dalam sebuah keterangan, dikutip Kamis (2/2/2023).

Follow Berita Okezone di Google News

Menjadi juara dalam ajang internasional, Amelia Rachim sebagai desainer perhiasan memiliki harapan agar pencapaiannya mampu menginspirasi desainer muda lain. Dia ingin agar para desainer muda tak hanya memikirkan estetika terkait orisinalitas ide, tetapi juga faktor lain seperti wearability, manufacturability, teknik, dan kreativitas dalam penggunaan perhiasan dan batu berharga.

Adapun sebagai informasi, HRD Antwerp Design Award merupakan ajang kompetisi bergengsi yang telah berjalan lebih dari dua dekade. Fungsi ajang ini tak lain sebagai wadah para desainer perhiasan berbakat di seluruh dunia dalam menunjukan kreativitas.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini