Share

Pempek Indonesia Masuk Makanan Seafood Terenak di Dunia!

Kiki Oktaliani, MNC Portal · Senin 13 Maret 2023 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 13 298 2780235 pempek-indonesia-masuk-makanan-seafood-terenak-di-dunia-sbF0Qpr4E9.jpg Seafood masuk makanan seafood terenak di dunia (Foto: Instagram/@kemenparekraf.ri)

KULINER Indonesia, Pempek masuk ke daftar makanan seafood terenak di dunia. Pempek berada di urutan ke-4, simak ulasannya. 

Indonesia sebagai negara kepulauan, tentunya memiliki banyak sumber daya laut yang melimpah. Berbagai hasil laut tersebut, diolah menjadi berbagai makanan lezat salah satunya adalah Pempek.

Kudapan khas kota Palembang, Pempek baru-baru ini berhasil dinobatkan jadi makanan seafood terenak keempat dunia dari 50 negara yang ada versi Taste Atlas, Maret 2023.

Pempek Seafood Terenak di Dunia

Mengutip dari laman Instagram resmi Taste Atlas, Senin (13/3/2023) Pempek berada di posisi keempat dengan poin 4.7 setelah Portugis dengan Amêijoas à Bulhão Pato, Spanyol - Gambas al ajillo, dan Austria - Ceviche mixto. Mengalahkan sushi, takoyaki, dan sashimi dari Jepang.

Hal ini menambah daftar kuliner Indonesia yang mendunia, selain rendang dan gado-gado. Pempek merupakan

Pempek merupakan produk hasil olahan daging ikan yang tinggi protein, biasanya ikan tenggiri dengan tampilan berwarna putih, serta tekstur yang kenyal dan elastis.

Pempek Seafood Terenak di Dunia

Meskipun kudapan ini, adalah makanan khas dari Palembang, namun kini hampir seluruh masyarakat Indonesia bisa menikmati pempek tanpa harus jauh-jauh datang ke Palembang. Rasa pempek juga gurih dan enak dengan rasa khas ikan.

Pempek biasanya disajikan dengan kuah khas yang memiliki rasa segar asam, dinamakan cuko. Kini banyak pembuat pempek yang melakukan inovasi dari bahan dasar pembuat pempek. Tak hanya terbuat dari ikan tenggiri saja, saat ini pempek dibuat juga dari olahan ikan nila, daging ayam, ataupun daging sapi.

Sejarah pempek sendiri, berasal dari nama seorang pria keturunan Tionghoa, bernama Apek. Pada mulanya makanan buatan Apek ini belum memiliki nama, lambat laun karena Apek menjual makanannya keliling warga memanggil namanya untuk membeli dagangannya dan hanya terdengar ujung nama pria tersebut, “peek…peek” dan akhirnya panganan buatan Apek populer dengan nama pempek yang merupakan hasil plesetan nama sang pembuat pempek pertama kali.

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini