Share

Ini Sederet Tips agar Anak Tak Jadi Tukang Bully

Syifa Fauziah, Okezone · Jum'at 17 Maret 2023 20:18 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 17 612 2783188 ini-sederet-tips-agar-anak-tak-jadi-tukang-bully-ncz47RZjxu.jpg Podcast Aksi Nyata.

KEKERASAN yang dilakukan oleh Mario Dandy terhadap Cristalino David Ozora membuat banyak orang tua merasa khawatir dengan perilaku anak di luar rumah. Para orang takut takut anaknya melakukan tindakan yang sama seperti yang dilakukan Dandy.

Wakil Ketua Bidang Kesehatan dan Pendidikan DPW Partai Perindo DKI Jakarta, dr Kuswandi Gunawan, S.Psi menjelaskan ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua agar anaknya terhindar dari perilaku agresif, kekerasan dan bullying. Salah satunya adalah dengan memperkuat agama.

โ€œHarus rajin berdoa pastinya, agama apapun dan itu penting pastinya,โ€ ujar dr Kuswandi dalam Podcast Aksi Nyata Bertajuk Penyebab Munculnya Perilaku Agresif pada Remaja, Jumat (17/3/2023).

Selain itu, hal yang tak kalah penting adalah orang tua harus meluangkan waktu buat anaknya. Jangan terlalu sibuk dengan urusan negara, kantor, bisnis, uang, anak juga sangat penting.

โ€œHal-hal kecil itu bisa membentuk karakter, misalnya anak pulang sekolah tanyakan saja, tadi ngapain di sekolah, ada apa saja, gimana di sekolah, itu anak akan cerita, kalau dari kecil ditanamkan kayak gitu akan terbiasa, kalau sekarang yang terjadi terbalik,โ€ tuturnya.

Dokter Kuswandi menegaskan ketika orang tua menegur anak, pastikan tidak membentak atau mengeluarkan kata-kata kasar karena dapat membentuk anak menjadi dendam dan pemarah.

โ€œItu sering sekali terjadi, terutama ibu-ibu yang dekat dengan anaknya, ngomelin di luar batas. Anak bukan nurut tapi ada dendam pas dewasa akan keluar. Anak kalau dibilang bodoh akan bodoh karena percuma pintar dibilang bodoh, kata-kata kita sangat penting untuk mengasah tumbuh kembang anak,โ€ pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(mrt)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini