Share

5 Kiat Mengatasi Perasaan Insecure Seperti yang Dirasakan Inara Rusli

Diva Daniswara, Okezone · Senin 22 Mei 2023 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2023 05 22 612 2817966 5-kiat-mengatasi-perasaan-insecure-seperti-yang-dirasakan-inara-rusli-ZHkDvvvIsZ.JPG Inara Rusli, (Foto: Dok MPI)

PUJIAN cantik yang banyak dilontarkan publik kepada dirinya, tak membuat Inara Rusli ternyata merasa cantik.

Alih-alih merasa percaya diri dan pantas menerima pujian tersebut, Inara mengaku justru dirinya merasa insecure, tak percaya diri pada dirinya sendiri. Meski punya paras yang cantik dan menawan, ternyata ibu tiga orang anak ini mengaku tidak percaya diri akan penampilan visual dirinya sebagai ibu rumah tangga.

"Aku ngerasa insecure atas kesibukan aku sebagai ibu rumah tangga. Insecure atas,  mungkin aku kurang merawat diri,” kata Inara Rusli, dikutip dari laman akun Instagram @lambe_danu.

Inara menyebut, meski usianya masih relatif muda, ia mengaku pernah di titik merasa sangat ‘emak-emak’, karena punya banyak anak.

“Merasa insecure kalau aku emak-emak banget, karena anak aku tiga kan," imbuhnya.

Gara-gara insecure atas penampilan dirinya, Inara mengungkap dirinya pernah melakukan perawatan kecantikan berharga fantastis.

"Sampai aku dibayarin ke klinik (kecantikan), sampai habis Rp100 juta kali ya," sambung Inara lagi.

Tak mengenal fisik, usia dan jenis kelamin, perasaan insecure terhadap diri sendiri ini memang bisa dialami oleh siapapun. Termasuk pada orang-orang yang dianggap cantik dan tampan, alias punya visual di atas rata-rata orang kebanyakan.

Saat merasakan perasaan tidak aman dan tidak nyaman pada diri sendiri seperti ini, apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya? Simak beberapa cara mengatasi perasaan insecure rekomendasi Dr. Robert Firestone dari Voice Therapy, dilansir dari PSYCHALIVE, Senin (22/5/2023).

1. Stop membandingkan diri sendiri dengan orang lain: Ini hal pertama yang harus dilakukan. Sadari bahwa setiap orang punya kelebihan diri masing-masing.

Pemikiran seperti ini bisa membantu menjauhkan diri dari serangan pikiran negatif, yang menjadi musuh eksternal atas diri.

2. Keluarkan pikiran negatif: Artinya, dengan membicarakan terbuka untuk mengungkap pikiran negatif tersebut. Sebaiknya hubungkan pemikiran ini dengan pengalaman masa lalu. Cara ini disebut bisa membantu Anda lebih memahami asal usul pikiran negatif dan merasa lebih percaya diri.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Berhenti menyalahkan diri sendiri: Jangan terus-terusan self-blaming, menyalahkan diri sendiri. Tulis pikiran-pikiran yang realistis mengenai diri sendiri dan cobalah untuk membuat pernyataan yang masuk akal.

4. Cepat sadar: Mulailah menyadari bahwa pikiran negatif bisa mengganggu diri dalam berbagai aspek kehidupan. Tak hanya itu, pikiran negatif juga sangat merugikan diri sendiri, karena menyebabkan diri jadi minder atau malu dalam melakukan sesuatu.

5. Mulai rencana perubahan: Buatlah rencana untuk berubah, keluarlah dari zona tidak aman ini dan cintailah diri sendiri apa adanya, agar bisa mendapatkan hidup yang lebaih baik.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini