Intip Mewahnya Fasilitas RS Khusus COVID-19 di Perbatasan Surabaya-Sidoarjo

Ali Masduki/Koran SINDO Jatim, Jurnalis · Rabu 17 Februari 2021 16:50 WIB
Karyawan menata bed didalam ruang perawatan rumah sakit khusus COVID-19 yang dioperasikan oleh Siloam Hospital Group (SHG) di perbatasan Surabaya-Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu 17 Februari 2021.
 
Sebagai RS darurat yang menangani pandemi Covid 19, rumah sakit ini secara fisik sudah siap untuk dibuka dan sudah siap operasional dengan 185 tempat tidur (TT) dengan jumlah ICU 15 TT.
 
Managemen RS Siloam Danang mengatakan Rumah Sakit tersebut akan menjadi rumah sakit komprehensif bertaraf internasional dengan layanan kesehatan, peralatan, dan tenaga medis yang terbaik. Meskipun fasilitas kesehatan berada dalam kawasan mixed use City of Tomorrow (Cito), namun dengan akses, fasilitas, dan infrastruktur yang terpisah dan independen. Hal ini termasuk fisik dan sistem kelistrikan, genset, HVAC, sistem gas medis, sistem STP/IPAL.
 
Rumah Sakit ini juga dilengkapi dengan sistem negative pressure khusus untuk penanganan pasien Covid-19. Bahkan memiliki pintu akses tersendiri serta elevator tersendiri. Terkait limbah pembuangan medis, limbah cair, dan TPS B3, RS Siloam Cito sudah memiliki sistem terpisah dan mengimplementasikan standar tinggi untuk operasional RS. Namun hingga saat ini rumah sakit ini belum beroperasi. Pihak Siloam masih melakukan sosialisasi mendalam dengan tenant dan penghuni apartement Cito sesuai arahan pemerintah kota Surabaya. (Foto: SINDO/Ali Masduki)(ddk)

(alm)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini