Kunjungan ke Desa Wisata Rejowinangun, Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi Dalang Cilik yang Melestarikan Budaya Lokal

Dokumentasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jurnalis · Jum'at 08 Oktober 2021 21:04 WIB

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sanidaga Salahuddin Uno disambut meriahnya pertunjukan wayang kulit yang dipentaskan oleh dalang cilik saat berkunjung ke desa wisata Rejowinangun, Yogyakarta, Jumat 8 Oktober 2021.

 
Saat berbincang dengan dalang cilik berusia 9 tahun yang juga seorang youtuber dengan konten wayang, Sandi menuturkan, sang dalang cilik Adimas Alby Ersani Widyaputra mengaku belajar ngedalang sejak berusia 3,5 tahun secara otodidak. Alby begitu dia akrab disapa selalu mengenalkan keahlian mendalangnya di Youtubenya. Alby menuturkan konten youtubenya dibuat untuk mempromosikan dan melestarikan kebudayaan wayang yang digelutinya. “ini saya subcribe ya, karena saya sangat kagum dengan Alby yang melestarikan budaya nasional," katanya. Saat Sandi mensubscribe maka pengikut akun Alby langsung naik menjadi 1.000 subscriber.
 
Sandi menegaskan, melestarikan budaya memang harus dimulai dari anak-anak khususnya budaya wayang seperti yang dilakulan oleh Alby. "Melestarikan budaya wayang mulai dari anak-anak jadi kita suport juga creativeness. (FOTO: Dokumentasi Kemenparekraf) (ddk)

(pek)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini