Menyesap Kopi Bajawa di Coffee Shop Instagramable

Heru Haryono, Jurnalis · Senin 22 November 2021 07:20 WIB

Seorang barista membuat kopi manual brew di Kopi Bajawa Flores NTT di Bintaro, Tangerang Selatan. Minuman kopi yang memiliki aroma dan rasa khas sendiri sudah menjadi bagian hidup masyarakat saat ini. setiap kedai kopi berlomba-lomba mempercantik kedainya untuk terlihat Instagramable, seperti di kedai ini nuansa NTT terlihat sangat kental seperti kain tenun yang dipajang dan foto-foto hitam putih warga NTT. 

 

Kopi di Indonesia banyak ragamnya, dan setiap daerah memiliki cita rasa sendiri, seperti Kopi Bajawa Flores yang memiliki sejarah yamg mulai dibudidayakan pemerintah sejak tahun 1997, melalui bibit kopi dari Jember.

 

Kopi Bajawa Flores, namanya diambil dari Ibu Kota Ngada, Flores Nusa Tenggara Timur, lokasinya sendiri berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut yang berada di kaki gunung Ineirie. Kopi Bjawa Flores terasa sangat istimewa karena hampir semua ditanam dengan sistem organik.

 

Direktur Tanaman dan Penyegar, Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Heru Tri Widarto mengatakan konsumsi kopi domestik mencapai 294.000 ton. Naik 13,9% dibandingkan tahun 2019 sebesar 258.000 ton.

(hyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini