Share

Bangkitkan Perekonomian Bangka Belitung, Sandi Uno Hadirkan Penerbangan Langsung dari Luar Negeri

Dokumentasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jurnalis · Rabu 10 Agustus 2022 21:16 WIB

Geliatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) Provinsi Bangka Belitung, Menparekraf Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno berencana menghadirkan penerbangan langsung dari luar negeri.

Kabar baik itu disampaikan Sandiaga Uno ketika membuka Pesona Belitung Beach Festival 2022 di kawasan pantai Tanjung Pendam, Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Rabu 10 Agustus 2022.

Langkah tersebut diharapkannya mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

Terlebih, mendukung event berskala nasional, seperti Pesona Belitung Beach Festival 2022 yang diyakininya dapat memulihkan sektor parekraf Bangka Belitung yang terpuruk selama pandemi covid-19

"Hari ini secara resmi kita membuka Pesona Belitung Beach Festival 2022 setelah tiga tahun ini antusiasme masyarakat luar biasa dan kami melihat bahwa ini adalah kebangkitan ekonomi kita, kita lihat UMKM-UMKMnya juga sudah menggeliat," ungkap Sandiaga Uno.

"Dan saya titip tadi pesan Bapak Presiden bahwa dalam periode ekonomi yang penuh dengan ketidakpastian, kita harus mampu menjawab keresahan masyarakat mengenai inflasi dengan program-program yang memberdayakan masyarakat, sehingga meningkatkan penghasilan mereka," jelasnya.

Kegiatan seperti ini, lanjutnya, tak hanya akan membuka peluang usaha dan mampu menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru yang berkualitas, tetapi juga mendukung event G20.

Oleh karena itu, dirinya berharap penerbangan langsung dari luar negeri dapat segera direalisasikan.

Termasuk interkoneksi angkutan umum ke sejumlah destinasi wisata unggulan seperti Bukit Peramun, Juru Seberang, Terong dan Mangrove serta KEK Tanjung Kelayang.

"Kepastian penerbangan ini akan kami dengar masukan langsung dari Pak Bupati dan Wakil Bupati akan kami koordinasikan dengan Kementerian Perhubungan dan maskapai, kita harapkan dalam waktu singkat ini akan segera dibuka," ungkap Sandiaga Uno.

"Sudah ada beberapa maskapai yang menyatakan minat, Air Asia, Lion Air Group ini kita persiapkan finalisasi daripada realisasinya. Kita akan menambah, karena jumlah pesawatnya ini masih sangat kurang, kita akan memberikan langkah-langkah insentif agar pesawat bisa ditambah, sehingga tingkat ketersediaan kursinya bisa bertambah dan akan menurunkan harga tiket pesawat," jelasnya.

Menutup sambutannya, Sandiaga Uno menitipkan pesan kepada masyarakat untuk mendukung pemerintahan Presiden Jokowi yang berjalan lancar dengan banyak prestasi.

"Mari kita tingkatkan akselerasi pemulihan (ekonomi) kita, pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat, buka peluang usaha dan bersama Insya Allah kita bergandengan tangan meningkatkan ekonomi masyarakat," tutupnya. (Dokumentasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) (ddk)

(Dokumentasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini