Share

Cek KLIK untuk Pastikan Makanan Olahan Baik Dikonsumsi

Yulianto/Koran Sindo, Jurnalis · Jum'at 23 September 2022 11:10 WIB

Ahli Gizi dari Institut Pertanian Bogor Prof Dr. Ir. Hardinsyah (kedua kanan) bersama Head of Legal, Corporate & Regulatory Affairs Kraft Heinz Indonesia – Papua Nugini Mira Buanawati (kanan), Quality Technical Service Lead Kraft Heinz Indonesia—Papua Nugini Emerensiana Adi Dhae (kiri) dan Head of R&D, Kraft Heinz Indonesia-Papua Nugini Indra Ishak memberikan penjelasan belum lama ini publik dikejutkan dengan penarikan dua produk dari pasar Singapura, yaitu kecap manis dan saus sambal ayam goreng saat Ngobrol Baik Bareng ABC di Jakarta. Rabu, (21/9/2022).

 

Tetapi, akar masalah bukan ada di produk yang berbahaya, melainkan tidak lengkapnya pihak distributor tidak resmi merek tersebut menjelaskan label kemasan. Telah diklarifikasi bahwa sejatinya dua produk itu aman untuk masyarakat umum, namun bisa berbahaya bagi mereka yang alergi akan bahan tambahan pangan dan sulfit.

 

Cara mudah bagi masyarakat untuk lebih mengenali produk-produk pangan olahan yang hendak dikonsumsi dengan cara cek “KLIK”. Pastikan (K)Kemasan produk dalam kondisi baik. Baca informasi produk yang tertera pada (L)Label. Pastikan memiliki (I)Izin edar dari BPOM RI dan pastikan belum melewati tanggal (K)Kedaluwarsa. 

 

(Foto: KORAN SINDO/YULIANTO) (hru)

(Yulianto/Koran Sindo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini