Share

Peringati Hari Gizi Nasional, Ini Tips Menerapkan Pola Gizi Seimbang

Heru Haryono, Jurnalis · Rabu 25 Januari 2023 15:12 WIB

Dokter Gizi, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK,  Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, Pemilik Usaha Rumah Mocaf, Riza Azyumarridha Azra dan  Pemilik Usaha Loka Padang, Irene Umar dalam acara sambut Hari Gizi Nasional di Jakarta. Menyambut Hari Gizi Nasional 25 Januari 2023, Tokopedia mencatat makanan dan minuman (makmin) sehat semakin diburu masyarakat. “Jus lemon, biji-bijian seperti chia, granola, madu hingga sereal menjadi beberapa makmin sehat yang paling laris di Tokopedia sepanjang 2022.

 

Tokopedia bersama Dokter Gizi, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK membagikan tiga tips mudah menerapkan pola gizi seimbang.

Utamakan sumber bahan pangan lokal, “Berdayakan dahulu sumber bahan makanan yang ada di sekitar kita dan mudah dicari sehari-hari. Misalnya, banyak sekali sumber karbohidrat yang mudah ditemukan di Indonesia selain nasi, misalnya umbi-umbian atau makanan berbahan singkong,” jelas dr. Juwalita.

 

Contoh sumber pangan lokal yang bisa dimanfaatkan masyarakat adalah modified cassava flour (mocaf) bebas gluten yang diusung Rumah Mocaf dan makanan vegan khas Nusantara oleh Loka Padang.

 

Sesuaikan sumber bahan pangan sesuai dengan kriteria gizi seimbang, “Agar pola makan lebih seimbang, perhatikan asupan serat terutama dari sayur dan buah. Batasi gula, garam dan minyak, serta rajin memantau berat badan. Pastikan mengonsumsi makanan dalam kadar seimbang, yakni antara sumber energi, lauk pauk, sayuran dan buah,” tambah dr. Juwalita.

 

Perbanyak protein hewani atau nabati, Menurut Kemenkes RI, standar angka kecukupan protein bagi masyarakat Indonesia adalah 60 gram per hari untuk perempuan dan 65 gram per hari bagi laki-laki.

 

“Protein diperlukan tubuh untuk mengganti sel-sel yang rusak. Indonesia terkenal dengan sumber protein nabati, mulai dari tahu, tempe, kacang-kacangan dan lain-lain,” tutup dr. Juwalita.

 

 

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(Heru Haryono)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini