Share

Waspada, Pneumonia Serang Lansia

Niken Anggun Nurani, Jurnalis · Rabu 12 Desember 2012 19:45 WIB
https: img.okezone.com content 2012 12 12 486 731204 QrurQ11gF9.jpg Pasangan lansia (Foto: Everydayhealth)

KABAR tentang Nelson Mandela yang jatuh sakit cukup mengejutkan banyak pihak. Salah satu pejabat menyatakan, mantan Presiden Afrika Selatan itu mengidap infeksi paru-paru, sehingga membuatnya harus menjalani perawatan di rumah sakit setempat.

 

Infeksi paru, khususnya pneumonia merupakan infeksi peradangan paru-paru yang sering dialami oleh mereka yang berusia lanjut. Infeksi ini dapat mengancam jiwa, terutama pada pasien yang lebih tua. Terkadang, gejala pneumonia ini tidak cukup jelas atau sulit diidentifikasi, demikian yang dilansir Livestrong.

 

Gejala pada penderita pneumonia di usia lanjut bisa berupa demam ringan, sakit kepala, menggigil, atau berkeringat. Dalam beberapa kasus, pasien bahkan bisa mengalami penurunan suhu tubuh normal. Pasien lanjut usia yang mengalami demam atau tanda-tanda alternatif perubahan suhu tubuh harus diperiksa oleh dokter dengan segera. Gejala pneumonia pada orangtua dapat berkontribusi pada kesulitan bernapas, seperti tingkat pernapasan meningkat atau sesak napas. Gejala batuk dalam jangka waktu lama atau mengalami kesulitan bernapas juga menjadi gejala yang patut diwaspadai.

 

Dalam beberapa kasus, pneumonia yang dialami pasien dalam usia lanjut bisa mengalami kebingungan atau disorientasi sebagai gejala infeksi. Akibatnya, pasien usia lanjut dengan pneumonia harus berjuang untuk mengingat di mana mereka menempatkan barang-barang tertentu. Pada kondisi yang parah, gejala pneumonia bisa menjadi tanda-tanda dari gangguan otak, seperti demensia atau penyakit Alzheimer. (ind)

 

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini