Share

Empat Cara Alami Tangkal Batu Ginjal

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 05 Agustus 2014 03:10 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 04 484 1019670 oxu4VQ32NU.jpg Cara Alami Tangkal Batu Ginjal (Foto: Steadyhealth)

MENDERITA penyakit batu ginjal bisa menurunkan kualitas hidup seseorang. Bagaimana tidak, penderita batu ginjal akan mengalami sulit buang air kecil, bahkan sampai merasa sakit.

Karenanya, penting bagi kita untuk mencegah terjadinya batu ginjal. Berikut beberapa cara menangkal penyakit batu ginjal, sebagaimana dilansir Boldsky, Selasa (5/8/2014).

Minum banyak air

Minum banyak air putih dapat membantu mencegah batu ginjal secara alami. Untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh, minimal Anda perlu minum delepan gelas sehari. Selain air putih, jus jeruk juga dapat dikonsumsi karena membantu mencegah pembentukan batu di organ ginjal.

Penuhi kebutuhan kalsium

Rendahnya kalsium di dalam tubuh dapat meningkatkan kadar oksalat yang menyebabkan pembentukan batu ginjal. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi asupan kalsium yang cukup dan sesuai usia. Suplemen juga dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium, tetapi secara alami, seperti dengan minum susu, yang masih lebih baik. (Baca: Cara Virus Ebola Menyebar ke Tubuh)

Mengurangi sodium

Peningkatan kadar sodium dapat meningkatkan kalsium di dalam tubuh. Selain itu, peningkatan kadar sodium di dalam tubuh juga dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Karena itu, diet rendah sodium dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal, bahkan menjaga tekanan darah tetap stabil.

Kurangi asupan daging merah

Mengurangi asupan daging merah, unggas, dan telur dapat mencegah batu ginjal secara alami. Hal ini karena daging merah kaya protein yang meningkatkan asam urat sehingga menurunkan sitrat di dalam tubuh yang akan mengarah pada pembentukan batu ginjal.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini