Share

Lelah Tanpa Sebab Pertanda Serangan Jantung

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 24 September 2014 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 24 486 1043558 gKqTIOE6VK.jpg Lelah Tanpa Sebab Pertanda Serangan Jantung (Foto: MNN)

BANYAK orang mengira jika nyeri dada secara tiba-tiba adalah pertanda gejala serangan jantung. Padahal, gejala serangan jantung beragam bentuknya dan berbeda tergantung jenis kelamin, pria atau wanita.

Para ahli mencatat bahwa tidak semua serangan jantung didahului oleh nyeri di dada. Pria atau wanita bisa saja merasakan gejala lain seperti dada sesak, sesak napas, mual atau muntah, keluarnya keringat dingin, dan pusing.

Pada wanita, setidaknya ada tujuh tanda peringatan serangan jantung, sebagaimana dilansir oleh Positivemed, Rabu (24/9/2014).

Kelelahan tanpa sebab

Lebih dari 70 persen, penderita yang mengalami serangan jantung mengalami kelelahan ekstrim. Kelelahan tersebut biasanya terasa usai melakukan aktivitas ringan seperti berjalan ke dapur atau bangkit dari kursi.

Sulit tidur

Sulit tidur menjadi gejala penyakit jantung pada wanita. Bahkan menurut studi, jika hal ini berlangsung lama, maka sebaiknya harus diwaspadai.

Nyeri di bagian rahang

Rasa sakit dan nyeri di bagian rahang, punggung atas, pundak, leher, atau telinga bisa jadi pertanda Anda akan terkena serangan jantung. Sakit di dada dan pundak umumnya dialami pria daripada wanita.

Napas pendek

Kesulitan mengambil napas dalam dan panjang adalah pertanda buruk lainnya. Wanita jadi akan sulit berbicara dan menghirup oksigen. Ini adalah salah satu pertanda umum serangan jantung pada wanita.

Gangguan pencernaan dan mual

Sebelum terkena serangan jantung, wanita biasanya akan merasakan gejala pusing, mual, dan muntah. Masalah gangguan pencernaan juga akan meningkat dua kali lipat pada wanita yang menderita serangan jantung.

Kecemasan dan stres

Wanita juga sering menderita kecemasan dan stres sebelum mereka mengalami serangan jantung. Lebih dari 30 persen wanita mengalami gejala ini, menurut para ahli.

Pucat dan keringat

Tanda-tanda tersebut yang muncul tiba-tiba tanpa sebab yang jelas adalah pertanda baik indikator serangan jantung. Hal ini dikarenakan, lebih dari 40 persen wanita akan merasa pusing dan berkeringat dingin sebelum terkena stroke atau serangan jantung.  

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini