Share

Memaksa Olahraga saat Sakit Bisa Fatal

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 25 September 2014 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 25 486 1044083 DtKV0PjHB9.jpg Memaksa olahraga saat sakit berakibat fatal (Foto: Losebabyweight)

BEROLAHRAGA akan membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Namun, olahraga juga bisa merugikan kesehatan jika dilakukan dalam kondisi sakit.

Karena itu, Dr Michael Triangto, SpKO dari Rumah Sakit Mitra Kemayoran mengatakan bahwa sangat penting mengetahui kondisi kesehatan kita sebelum berolahraga. Dr Michael menceritakan suatu pengalaman tentang berolahraga tanpa mengetahui kondisi kesehatan sebelumnya hingga berujung fatal. (Baca: Kebiasaan buruk pemicu perut buncit)

"Saya punya pimpinan, sebelum berolahraga tenis dia katakan pada istrinya sehat-sehat saja. Kemudian, berolahragalah dia dengan berlebihan artinya intensitas tinggi, maka akhirnya meninggal dunia," ujarnya kepada Okezone melalui sambungan telfon, Rabu (24/9/2014).

Karenanya Dr Michael menyarankan untuk melakukan tes kesehatan sebelum berolahraga. Menurutnya, dengan melakukan tes kesehatan sebelum berolahraga, maka kita dapat mengetahui kondisi kesehatan diri sehingga tahu batasan-batasan yang tidak boleh dilakukan dalam berolahraga.

"Tanpa melakukan tes, kita tidak ada yang tahu kondisi kesehatan seperti apa. Sedangkan, kalau mengetahui kondisi kesehatan sebelumnya, maka kita bisa tahu batasan-batasan apa yang masih bisa dilakukan," jelasnya. (Baca: Ketahui kondisi tubuh sebelum olahraga)

"Apalagi kalau tujuannya kita berolahraga adalah untuk kesehatan, berarti yang diharapkan kesehatannya akan meningkat. Tetapi, bagaimana kita tahu kondisi kesehatan sebelum berolahraga jika tidak tes, bukan kesehatannya meningkat nanti justru malah menurun," tutupnya.

 

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini