Sebelum Pilates, Bumil Harus Konsultasi Dokter

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Minggu 28 September 2014 06:54 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 26 483 1044711 tEilz7UGiq.jpg Sebelum Pilates, Bumil Harus Konsultasi Dokter (Foto: Wisegeekhealth)

BEROLAHRAGA pilates sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan pikiran. Manfaat melakukan pilates juga dapat dirasakan wanita yang sedang hamil, misalnya mengencangkan otot punggung bagian bawah.

Meskipun begitu, wanita hamil tidak bisa langsung memutuskan melakukan olahraga pilates. Instruktur pilates yang juga Faunder PilatesID.com, Maharani Panggabean mengatakan bahwa wanita hamil harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan pilates.

"Kalau saya sih lebih menanyakan ke dokternya terlebih dahulu. Jadi, biasanya muridnya saya tanya, boleh tidak sama dokternya, kalau dokternya bilang oke, maka saya tidak masalah," ujarnya kepada Okezone di BLU Lounge Shangri-La Hotel, Jakarta, baru-baru ini. (Baca: Pilates cegah bungkuk saat lansia)

Menurut Rani, seorang instruktur pilates tidak mempunyai background medical, sehingga segala sesuatunya harus berdasarkan rekomendasi dari dokter yang menangani wanita hamil tersebut. Rani mengatakan bahwa bila wanita hamil tersebut sudah mendapatkan persetujuan dari dokter, maka dirinya akan mulai melatih sesuai dengan kondisi mereka.

"Misalnya, wanita itu belum pernah olahraga sebelumnya atau sebelum hamil jarang olahraga, maka saya akan memulai latihannya lebih pelan," tambahnya.

"Tetapi, kalau dia sebelum hamil sudah rutin berolahraga, maka saya bisa lebih menantang dia dengan gerakan-gerakan yang lebih bervariasi," tuturnya.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini