Latih Otot Perut dengan Pilates

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Minggu 28 September 2014 03:09 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 26 486 1044716 KOGwS4R4GK.jpg Pilates baik untuk ibu hamil (Foto: Mentalhealthy)

PILATES merupakan olahraga yang dapat dilakukan oleh semua kalangan, termasuk wanita hamil. Namun, terkadang wanita hamil ragu untuk melakukan olahraga pilates.

Hal ini dikarenakan para wanita hamil khawatir dengan berpilates akan mempengaruhi kondisi kehamilan mereka. Namun, Instruktur pilates yang juga founder PilatesID.com, Maharani Panggabean mengatakan bahwa pilates merupakan jenis olahraga yang low impact, sehingga dapat aman dilakukan oleh wanita hamil.

Rani menduga bila wanita hamil menganggap pilates akan melatih otot perut, sehingga dapat berdampak kurang baik bagi bayi mereka. Padahal, menurut Rani sebenarnya saat hamil pun boleh melatih otot perut.

"Kadang orang mengatakan bahwa orang hamil tidak boleh latihan perut, karena khawatir bayinya kenapa-kenapa, padahal sebenarnya bayi dengan otot perut tidak ada hubungannya, meskipun lokasinya berdekatan," ujarnya kepada Okezone di BLU Lounge Shangri-La Hotel, Jakarta, baru-baru ini.

Memang, menurut Rani setelah melatih otot perut dengan pilates bayi akan sedikit bereaksi, tetapi tidak akan menimbulkan dampak yang buruk apalagi sebelum telah berkonsultasi dengan dokter. Bahkan, Rani melihat dari wanita-wanita hamil yang berlatih pilates dengannya setelah melahirkan bayinya sehat sekali.

"Kebanyakan sih pada murid-murid saya yang selama hamil berolahraga pilates, bayi mereka sehat sekali. Bahkan, ibunya sendiri setelah beberapa hari melahirkan sudah langsung fit kembali," tutupnya.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini