Share

Muncul Hepatitis Akut, Ini 2 Vaksin Hepatitis Tersedia di Indonesia

Kevi Laras, Jurnalis · Senin 16 Mei 2022 18:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 16 481 2594928 muncul-hepatitis-akut-ini-2-vaksin-hepatitis-tersedia-di-indonesia-xg9NSI4c7z.jpg Anak terkena hepatitis akut (Foto: Istock)

HEPATITIS akut misterius tengah menjadi pusat perhatian dunia karena masih belum diketahui penyebabnya. Kehadirannya di Indonesia memicu ragam pertanyaan di tengah masyarakat, seperti vaksin Hepatitis.

Penyakit Hepatitis sudah ada sejak lama di dunia, hanya saja muncul Hepatitis akut misterius ini ang belum diketahui penyebabnya.

 anak kena hepatitis akut

Dr. Muhammad Fajri Adda’I, dokter relawan Covid-19 dan edukator kesehatan menjelaskan, hanya ada dua vaksin Hepatitis di Indonesia yaitu Hepatitis A dan B.

Dia menjelaskan, jika vaksin tersebut, hanya mampu melindungi dari infeksi virus Hepatitis A dan B juga. "Jadi vaksin hepatitis ABCDE yang ada sekarang ada yaitu A dan B ya hanya bisa melindungi dari infeksi hepatitis A dan B di dunia," ujar Dr Fajri dalam akun Instagram pribadinya.

Vaksinasi menjadi salah satu cara mencegah hepatitis. Namun, umumnya diberikan sejak bayi baru lahir secara bertahap.

Menurut Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid bahwa vaksin A merupakan program nasional.

Maksudnya, masuk dalam program imunisasi dasar. Artinya, vaksin ini wajib diberikan sejak dini dan vaksin hepatitis A didapatkan secara mandiri di fasilitas layanan kesehatan terdekat.

"Vaksin Hepatitis B masuk program nasional," ujar dr Nadia.

Lebih lanjut, ia mengatakan jika Hepatitis A merupakan penyakit yang bersifat 'self limiting disease'. Penyakit yang tidak menyebabkan gangguan kronis seperti kanker hati.

 BACA JUGA:Perbedaan Hepatitis Misterius dan Covid-19 dari Penyebab hingga Pola Penyebaran

Dia menambahkan jika penularannya melalui mulut atau bisa dari makanan. "kalau yang A itu menular melalui fekal oral atau makanan dan tidak beresiko jadi kanker hati," jelasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini