Share

Cara Mudah Mengobati Bisul dengan Bawang Putih, Hanya Butuh 15 Menit

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Senin 16 Mei 2022 16:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 16 481 2594998 cara-mudah-mengobati-bisul-dengan-bawang-putih-hanya-butuh-15-menit-hSJppGrO6J.jpg Cara Mengobati Bisul dengan Bawang Putih (Foto: Freepik)

CARA mengobati bisul dengan bawang putih bisa Anda coba sebagai pengobatan alami. Saat ini banyak orang beralih dari pengobatan kimia ke pengobatan alami untuk penyakit yang diderita. Keuntungan berupa minim efek samping, biaya lebih murah, dan mudah ditemukan di sekitar Anda, menjadi salah satu keunggulan pengobatan alami.BACA JUGA:Cara Mudah Mengobati Bisul yang Sudah Pecah Tapi Masih Keras, Harus Rajin Mandi

Berikut ini, Okezone merangkum dari berbagai sumber cara mengobati bisul dengan memakai bawang putih. 

Bisul bisa diobati dengan bahan-bahan natural. Bisul sendiri merupakan infeksi bakteri Staphylococcus aureus pada kulit yang terbentuk di folikel rambut dan kelenjar minyak.

Umumnya bisul muncul di bagian tubuh yang sering mengalami gesekan maupun tertekan, seperti wajah, ketiak, selangkangan, bahu, atau bokong. Saat ini, bisul memang tidak berbahaya. Namun, keluhan ini dapat mengganggu kenyamanan hingga menurunkan kualitas hidup penderitanya.

Oleh sebab itu, penderita bisul pasti ingin segera sembuh dari keluhan tersebut. Salah satu cara yang dianggap efektif mengobati bisul adalah dengan memanfaatkan bawang putih.

Cara mengobati bisul dengan bawang putih menjadi solusi tepat bagi yang ingin mencoba pengobatan natural. Bawang putih memiliki sifat antibiotik yang membuat obat herbal alami ini ampuh untuk bekas luka kecil atau bahkan bisul. Namun, Anda harus tahu bahwa sifat antibiotik bawang putih hanya dapat digunakan jika Anda mengonsumsinya dalam bentuk segar. Ini adalah salah satu obat herbal alami yang dapat digunakan sehari-hari

 Sifat antibakteri, antimikroba dan anti-inflamasi ada di dalam bawang putih panas.  Selain itu, bawang putih juga memiliki kandungan alisin yang bisa membunuh bakteri yang menyebabkan bisul dan jerawat. Senyawa yang sama juga mampu mengurangi pembengkakan dan peradangan.

 Tak hanya itu, bawang putih juga mengandung tiosulfinat yang merupakan zat antimikroba. Beberapa vitamin dan mineral di dalam bawang putih, seperti vitamin B6, C, selenium, tembaga dan zink, dapat pula membantu mengurangi keparahan bisul maupun jerawat.

Cara mengobati bisul dengan bawang putih bisa dioleskan pada daerah bisul. Pastikan mengoleskannya secara merata dan diamkan selama 15 menit. Selanjutnya bilas dengan air hangat hingga bersih.

Lalu, mengobati bisul dengan bawang putih tersebut dapat Anda lakukan sebanyak satu hingga dua kali dalam sehari. Jangan lupa untuk mengombinasikannya dengan penerapan gaya hidup bersih dan sehat, serta pola makan bergizi seimbang. (RIN)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini